Apa Saja Beda Daging Sapi dan Kambing? Berikut ini 3 Cara Mudah Melihatnya

Inionline.id – Idul Adha 2022 yang  identik dengan berkurban membuat banyak orang bersemangat menyambutnya. Umumnya, hewan yang dikurbankan di Indonesia adalah sapi dan kambing. Lalu apa beda daging sapi dan kambing?

Merangkum berbagai sumber, ada 3 cara paling mudah untuk membedakan daging sapi dan kambing ini. Mulai dari warna hingga serat, mari kita simak penjelasan beda daging sapi dan kambing di bawah ini.

Beda Daging Sapi dan Kambing

  • Warna Daging

Untuk daging sapi warnanya adalah merah cenderung pucat dan jika dibiarkan dalam suhu ruang, lama-kelamaan daging sapi akan berwarna kecokelatan lalu menghitam.

Sedangkan daging kambing warnanya merah lebih terang dan segar dengan serat yang lebih kasar dari daging sapi. Jika dibiarkan dalam suhu ruang, daging kambing perlahan menjadi pucat dan keunguan.

  • Rasa Daging

Daging memiliki cita rasa gurih namun tak sekuat daging kambing. Bu khas daging kambing juga memegang peranan penting dalam cita rasa ini. Daging kambing memiliki bau khas yang kuat atau perengus sedang daging sapi tidak.

Jika dibandingkan daging kambing, tekstur daging sapi lebih halus saat belum dimasak. Daging kambing mentah terasa lunak sementara daging sapi kenyal, namun jika diolah dengan cara masak yang tak tepat, daging kambing bisa lebih alot dari daging sapi.

  • Kandungan Nutrisi

Dalam 100 gram daging kambing yang telah dimasak, mengandung 75 mg kolesterol, sementara dalam 100 gram daging sapi bisa mengandung kolesterol hingga 90 mg.

Lemak daging kambing juga lebih sedikit dibandingkan daging sapi. Dalam 100 gram daging kambing mengandung 3 gram lemak, sementara daging sapi bisa memiliki hingga 15 gram lemak dalam tiap 100 gramnya.

Daging kambing ternyata memiliki jumlah kalium, vitamin B, zat besi, dan magnesium yang lebih tinggi dari daging sapi. Meski begitu, kita tak boleh menkonsumsi keduanya secara berlebihan.

Jika kita memakan terlalu banyak daging merah, maka itu akan mempengaruhi kadar kolesterol dalam tubuh dan masalah kesehatan lainnya.

Pilih daging tanpa lemak untuk alasan kesehatan seperti daging bagian sirloin dan tenderloin.  Itulah beda daging sapi dan kambingyang dirangkum dari berbagai sumber.