Ini 4 Makanan yang Sebaiknya Dikonsumsi Orang di Atas 50 Tahun demi Ketahanan Tubuh

Kesehatan157 views

Inionline.id – Usia lanjut seperti 65 tahun ke atas sangat rentan mengalami berbagai masalah kesehatan termasuk terinfeksi COVID-19. Namun jangan lupakan juga bahwa sebelum usia itu, seseorang juga sudah rentan mengalami masalah risiko.

Ketika seseorang mulai memasuki usia 50 tahun, perubahan terjadi pada seluruh tubuh kita. Tak hanya pada kesehatan kulit dan pergerakan fisik saja, respons tubuh terhadap kebutuhan nutrisi juga mengalami perubahan pada usia ini.

Seiring bertambahnya usia, tubuh membutuhkan lebih banyak makanan kaya nutrisi dan vitamin demi kesehatan yang lebih optimal. Dengan konsumsi makanan yang optimal, maka tubuh bisa terhindar dari penyakit dan tetap aktif.

Konsumsi makanan ini sangat penting bagi ketahanan tubuh dan kekuatan sistem imun. Dilansir dari Medical Daily, berikut sejumlah makanan yang tepat dikonsumsi oleh mereka yang berusia di atas 50 tahun.

Makanan Kaya Serat

Sistem pencernaan kita bakal mulai melambat setelah berusia 50 tahun. Konsumsi serat secara cukup sangat penting untuk membuat pencernaan tetap berjalan mulus seiring bertambahnya usia.

“Serat tak hanya membantu fungsi pencernaan secara lancar, namun juga menurunkan peradangan di saluran pencernaan serta kolesterol. Selain itu, serat juga melepaskan secara perlahan karbohidrat kaya energi pada aliran darah,” terang Dr. Pamela Peeke, pakar nutrisi dan kebugaran.

Makanan kaya serat yang cocok dikonsumsi adalah rasberri, polong-polongan, wortel, brokoli, serta berbagai jenis buah dan sayuran.

Makanan Kaya Vitamin B12

Dr. Peeke mengungkap bahwa seiring tubuh menua, keasaman lambung bakal menurun sehingga lebih sulit memenuhi kebutuhan vitamin B12 melalui makanan. Vitamin ini sangat penting untuk menjaga kesehatan sistem saraf dan merupakan kunci pada proses metabolisme.

Makanan yang kaya vitamin B12 adalah daging, telur, makanan laut, serta produk olahan susu.

Kunyit dan Kayu Manis

Seiring bertambahnya usia, indera perasa bakal mengalami penurunan. Hal ini terjadi karena produksi liur dan kemampuan merasa bakal menurun.

Kunyit dan kayu manis dapat menjadi tambahan perasa yang mempertajam rasa sekaligus dibutuhkan tubuh. Keduanya memiliki kandungan anti peradangan serta anti mikrobial sehingga penting untuk kekebalan tubuh.

Air Putih

Selain indera perasa, rasa haus juga bakal mengalami perubahan seiring usia. Bertambahnya usia bakal membuat seseorang lebih sering mengalami dehidrasi.

Konsumsi air yang cukup sangat dibutuhkan oleh organ, sel, serta jaringan tubuh untuk mengatur dan menjaga sejumlah fungsi tubuh. Tinggal di negara dengan iklim cukup panas seperti Indonesia juga membuat kita butuh lebih banyak dan sering mengonsumsi air minum.

Sejumlah makanan dan minuman tersebut sangat dibutuhkan tubuh terutama ketika memasuki usia 50. Demi menjaga kekebalan tubuh tetap prima, sebaiknya jangan lupa untuk mengonsumsi sejumlah makanan tersebut.