Usai Reshuffle Kabinet Jokowi 9 Kursi Wamen Masih Kosong

Nasional157 views

Inionline.id – Presiden Joko Widodo telah melantik tiga tokoh untuk mengisi kursi wakil menteri di Kabinet Indonesia Maju di Istana Negara, Jakarta Rabu (15/6).

Tiga orang yang telah dilantik itu antara lain Sekretaris Dewan Pembina PSI Raja Juli Antoni sebagai Wakil Menteri ATR/BPN. Kemudian John Wampi Watipo sebagai Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri) dan Sekjen PBB Afriansyah Noor sebagai Wakil Menteri Ketenagakerjaan (Wamenaker).

Meski Presiden Jokowi melantik tiga orang, masih ada sejumlah posisi wakil menteri yang belum terisi yaitu sebagai berikut.

1. Wakil menteri koperasi dan usaha kecil dan menengah
2. Wakil menteri pendayagunaan aparatur negara dan reformasi birokrasi
3. Wakil menteri perencanaan pembangunan nasional
4. Wakil menteri perindustrian
5. Wakil menteri energi dan sumber daya mineral
6. Wakil menteri pendidikan, kebudayaan, riset, dan teknologi
7. Wakil menteri investasi
8. Wakil menteri sosial
9. Wakil menteri pekerjaan umum dan perumahan rakyat (PUPR)

Semua posisi wakil menteri yang masih lowong itu telah diatur dalam Peraturan Presiden (Perpres). Contohnya wakil menteri koperasi dan usaha kecil dan menengah (Wamenkop UKM) telah diatur dalam Perpres No. 107 tahun 2020.

Lalu, di penghujung 2021 lalu Jokowi juga menambah jabatan wakil menteri sosial (Wamensos). Jabatan yang diatur dalam Peraturan Presiden Nomor 110 Tahun 2021 tentang Kementerian Sosial juga masih kosong.

Kursi wakil Menteri PUPR yang awalnya telah diisi kini kembali lowong usai pejabat sebelumnya John Wampi Watipo diberikan amanah oleh Jokowi untuk mengisi kursi Wamendagri.