Satgas Menduga Tingginya Mobilitas Hingga Prokes Longgar yang Menyebabkan Covid-19 Naik Lagi

Headline, Nasional057 views

Inionline.id – Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 menduga tingginya mobilitas warga yang dibarengi longgarnya protokol kesehatan menjadi penyebab meningkatnya kasus Covid-19 di Indonesia dalam sepekan terakhir.

Menurut catatan, kasus Covid-19 pada pekan ini 48 persen lebih tinggi daripada pekan sebelumnya. Dalam dua hari terakhir, penambahan kasus harian Covid-19 di Indonesia dilaporkan lebih dari 500 kasus.

“Karena tingginya mobilitas, longgarnya prokes akan membuat terjadinya peningkatan kasus penularan, seperti yang dilaporkan dua hari terakhir,” Kabid Penanganan Kesehatan Satgas Penanganan Covid-19 Alexander K. Ginting, Kamis (9/6).

Alex merinci, berdasarkan data per 8 Juni, enam provinsi di Jawa-Bali mencatatkan kasus terbanyak. Rinciannya yakni DKI Jakarta 288 kasus, Jawa Barat 83 kasus, Banten 52 kasus, Jawa Timur 34 kasus, dan DI Yogyakarta 6 kasus.

“Tambah 520 kasus baru dan kasus aktif naik 258 kasus,” ucapnya.

Alex mewanti-wanti agar masyarakat tetap waspada dan mematuhi protokol kesehatan 5M, yakni memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan membatasi mobilitas.

Selain itu, ia mengingatkan warga untuk segera melengkapi vaksin Covid-19 primer lengkap.