KA Pangrango Bogor-Sukabumi Beroperasi Lagi, Evakuasi Longsoran Selesai

Antar Daerah057 views

Inionline.id – Karena sempat terkena longsor dua perjalanan Kereta Api (KA) Pangrango lintas Sukabumi-Bogor (PP) dibatalkan. Kini, longsoran tersebut telah selesai dievakuasi.

“Evakuasi longsoran dan sterilisasi jalur rel Kereta Api (KA) di KM 38+5 antara Stasiun Cibadak-Parungkuda telah selesai dikerjakan oleh tim prasarana PT KAI Daop 1 Jakarta pada Senin (20/6) pukul 23.55 WIB,” kata Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta, Eva Chairunnisa melalui keterangannya, Selasa (21/6/2022).

Petugas operasional melakukan pemantauan jalur rel di sekitar lokasi longsoran. Usai melakukan pemantauan, KA Pangrango dinyatakan bisa melintas dengan normal per hari ini.

“Masyarakat dapat kembali memanfaatkan perjalanan KA Pangrango baik dari Sukabumi maupun dari Bogor,” jelasnya.

Penumpang yang membatalkan perjalanan akibat adanya peristiwa longsor tersebut bisa melakukan pembatalan dengan pengembalian 100 persen harga tiket. Prose pengembalian berlangsung selama dua pekan.

“Pengembalian bea tiket dapat dilakukan di loket stasiun terdekat yang melayani perjalanan KA Pangrango. Proses pengembalian dapat dilakukan hingga 14 hari kedepan sehingga pengguna jasa yang telah membeli tiket tidak perlu terburu-buru menuju stasiun untuk proses pembatalan,” ujarnya.

Sebelumnya, PT KAI (Persero) Daop 1 Jakarta mengucapkan permohonan maaf atas pembatalan perjalanan KA tersebut. Eva Chairunisa, mengatakan longsor terjadi di Km 38+5 antara Stasiun Cibadak-Parungkuda senin kemarin.

“Longsor yang menutup jalur rel tersebut terjadi sekitar pukul 16.42 WIB,” kata Eva dalam keterangannya, Senin (20/6).

Selama proses perbaikan terdapat 2 perjalanan KA yang dibatalkan, yakni KA 217B relasi Sukabumi-Bogor jadwal keberangkatan pukul 17.25 WIB dan KA 214C relasi Bogor-Sukabumi jadwal keberangkatan pukul 19.50 WIB.