Imigrasi Soetta Tambah Kuota Pembuatan Paspor, Jumlah WNI ke LN Meningkat

Berita057 views

Inionline.id – Imigrasi Bandara Soekarno Hatta (Soetta) menambah kuota pembuatan paspor harian. Penambahan kuota dilakukan karena ada peningkatan jumlah warga negara Indonesia (WNI) yang pergi ke luar negeri.

“Kami melihat bahwa antusias masyarakat begitu tinggi dalam melakukan perjalanan lintas negara sehingga kami meningkatkan jumlah kuota permohonan M-Paspor,” kata Kepala Imigriasi Bandara Soetta Muhammad Tito Andrianto kepada wartawan, Senin (6/6/2022).

Tito mengatakan biasanya pihak Imigrasi hanya membuka layanan untuk 100 pemohon. Kini, kuotanya ditambah menjadi 252 kuota pemohon.

“Secara detail jumlah kuota pemohon aplikasi M-Paspor per harinya 252, sehingga dalam seminggu kuota yang tersedia sebanyak 1.260. Jumlah kuota pemohon ini berlaku selama bulan Juni 2022, adapun pendaftaran antrean dibuka setiap hari Jumat untuk kuota satu minggu ke depannya,” ujarnya.

Dia mengatakan keberangkatan WNI ke luar negeri pada April tahun ini meningkat tinggi dibanding April 2021. Tito menyebut WNI ke luar negeri berjumlah 28.208 pada April 2021.

“Sedangkan April 2022 jumlah keberangkatan WNI meningkat tinggi hingga menyentuh angka 182.282. Oleh karena itu, kami melakukan peningkatan pelayanan di Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI),” ucapnya.

Tito berharap peningkatan kuota dapat mengakomodir antusias masyarakat dalam mengajukan permohonan di aplikasi. Menurutnya, selain peningkatan jumlah kuota, pihaknya juga terus berusaha untuk meningkatkan fasilitas pelayanan di kantor.

“Sehingga masyarakat benar-benar merasa nyaman dan puas melakukan permohonan paspor di Kantor Imigrasi Bandara Soetta,” ucap Tito.