Dewan Jabar Asep Arwin Kotsara Harapkan Jawa Barat Punya Bendungan Multifungsi

Antar Daerah057 views

Bekasi, Inionline.id – Usai kunjungan kerja ke Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), anggota Komisi IV DPRD Jawa Barat daerah pemilihan (dapil) Kota Bekasi-Depok Asep Arwin Kotsara mengharapkan agar Jawa Barat juga memiliki bendungan multiguna seperti di DIY.

“Bendung Kamijoro Provinsi Yogyakarta, dibangun selama 3 tahun sejak 2016 hingga 2019 oleh Kementerian PUPR, dengan dana 229 Milyar rupiah dan diresmikan Presiden Joko Widodo pada akhir 2019,” ungkapnya kepada awak media, Minggu (12/06/2022).

Legislator PKS ini juga menambahkan bahwa Bendungan ini menahan aliran sungai Progo terbentang sepanjang 161 meter, dengan jembatan penghubung 2 kota yaitu Bantul dan Kulon Progo.

“Bentuknya mirip jembatan Ampera di Palembang, Bendung Kamijoro mengairi Daerah Irigasi (DI) Pijenan seluas 2.370 hektar, dan juga berfungsi untuk memenuhi kebutuhan air baku sebesar 25 liter/detik untuk Kabupaten Bantul,” imbuhnya.

Selain itu 475 liter/detik di alirkan untuk Bandara Internasional Yogyakarta serta kawasan Industri Sentolo di Kabupaten Kulonprogo.

Kemudian Asep Arwin Kotsara mengatakan bendung Kamijoro juga dilengkapi dengan taman sebagai ruang terbuka publik untuk beragam aktivitas seperti bersantai, berolahraga, dan akan menjadi tujuan wisata sehingga perekonomian masyarakat akan berputar.

“Semoga Provinsi Jabar bisa memiliki Bendung seperti ini, berfungsi untuk irigasi dan SPAM (Sistem Pengolahan Air Minum),” pungkasnya.