Dorong UMKM Go Global, Pertamina Bawa Mitra Binaan Unggulan ke Turki

Berita257 views

Inionline.id – PT Pertamina (Persero) terus mendorong agar Mitra Binaannya go global. Salah satu upaya yang dilakukan adalah mengikutsertakan 2 Mitra Binaannya dalam ajang Festival Pasar Senggol Turki 2022 di Halic Congress Center Istambul, Turki pada Minggu (05/06).

Kegiatan pameran yang bertajuk “Leading Asian Market in Turkiye” dengan mengusung tema “Membangun Diaspora Berbudaya dan Berwirausaha”. Ajang ini merupakan ajang perdana festival ekonomi dan budaya Indonesia di Turki, hasil kolaborasi antara Konsulat Jenderal RI Istanbul, Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Dunia dan Kementerian BUMN. Hadir dalam kegiatan tersebut, Duta Besar Indonesia untuk Turki, Dr. Lalu Muhamad Iqbal, Konsul Jenderal RI Istanbul, Imam As’ari, Staf Khusus Menteri BUMN, Arya Sinulingga (daring), Koordinator PPI Dunia, Faruq Ibnul Haqi, anggota Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI), dan Duta Besar dari negara-negara sahabat serta para diaspora dan penduduk lokal Turki.

“Kegiatan ini bertujuan sebagai upaya membuka market baru. Kementerian BUMN juga mendorong UMKM peserta kegiatan untuk mengikuti Bussiness Forum yang dirangkai dalam kesatuan kegiatan Indonesia Turkiye Business Forum and Global Leaders Award di Istanbul,” ujar Arya Sinulingga. Kegiatan ini akan mempertemukan UMKM dengan potential buyers dari Istambul Ticaret Odasi (ITO) atau Kamar Dagang Istanbul yang dilaksanakan sehari setelahnya dengan dihadiri sekitar 100 orang anggota ITO.

Adapun Mitra Binaan Pertamina yang hadir dalam kegiatan festival di Turki ini adalah Kopi Geulis dan Roemah Kebaya Vielga (RKV).

“Alhamdulillah, saya sangat bersyukur berkesempatan untuk mengikuti kegiatan Festival Pasar Senggol Turki yang difasilitasi penuh Pertamina,” ujar Ai Awang Hayati, pemilik Kopi Geulis asal Sumedang Jawab Barat. Beberapa pengusaha tertarik dengan produk Kopi Geulis Arabika dengan proses winey, yang mereka anggap tidak halal. “Setelah mendapatkan penjelasan bahwa Arabika Winey merupakan produk halal yang tastenya menyerupai wine, mereka sangat antusias dan berani untuk mencicipi kopi tersebut,” tuturnya.

Dubes RI untuk Turki, Dr. Lalu Muhammad Iqbal yang sudah terbiasa mengkonsumsi kopi asli sangat mengapresiasi keikutsertaan Kopi Geulis dalam ajang promosi terkemuka di Turki ini, yaitu dengan menghadirkan Atase Perdagangan supaya bisa menjembatani pemasaran Kopi Geulis di Turki.

Kopi Geulis memproduksi kopi robusta dan arabica kualitas tinggi dengan komposisi kopi 100% asal Sumedang, Jawa Barat. Kopi geulis memberdayakan petani kopi di sekitar Gunung Manglayang Timur, dimana wilayah tersebut sudah bersertifikat Indikasi Geografis. Dalam perjalanannya, Kopi Geulis sudah melakuan ekspor ke wilayah China, USA, Rusia, Afrika Selatan, Uzbekistan. Kopi Geulis mendapatkan predikat Gold Class Coffee, peringkat pertama, score paling tinggi dalam uji cita rasa kopi (cupping taste) dari 26 peserta se Indonesia dalam acara Agro Expo dan Halal Expo di Senayan, Jakarta tahun 2019.

Senada dengan Ai, Vielga Wennida yang merupakan owner Kebaya Vielga juga mengucpkan rasa terima kasihnya kepada Pertamina karena telah diberikan kesempatan dalam rangka pengembangan usahanya menjadi UMKM Go Global. “Saya berharap kedepannya produk kami dikenal dan disukai masyarakat Turki sehingga kedepannya tercipta peluang bisnis disana,” ujarnya.

Roemah Kebaya Vielga (RKV) merupakan brand fashion yang memproduksi kebaya kontemporer yang dipadu dengan bordir bergambar bunga khas Indonesia dalam balutan warna yang lembut.

Roemah Kebaya Vielga, dihasilkan dari kain sutra, katun, denim, viscose berkualitas tinggi. Selain kebaya, Roemah Kebaya Vielga juga menghasilkan aksesoris, dan sepatu. Produk RKV sudah ekspor ke Uni Arab Emirates, Malaysia, Singapura.

Pjs. VP Corporate Communication Pertamina, Heppy Wulansari menjelaskan beragam cara dilakukan PT Pertamina (Persero) untuk mendukung para UMKM Mitra Binaannya bangkit dari dampak pandemi Covid-19 dengan skema roadmap pembinaan. Mulai dari kondisi tradisional, menjadi Go Modern, Go Digital, Go Online, hingga Go Global. “Seluruhnya diberikan kepada Mitra Binaan tanpa pandang bulu, untuk mendorong UMKM menjadi unggul dan mandiri,” tuturnya.

Pertamina tidak hanya memberikan dukungan modal, namun juga pembinaan baik offline maupun online baik dilakukan oleh lembaga pendamping maupun internal Pertamina seperti UMK Accademy, Katalog SME1000, berbagai sertifikasi serta pameran baik lokal, nasional dan luar negeri. Salah satu contoh upaya penjualan online yang paling dirasa berhasil adalah dengan mengikutsertakan mitra binaan dalam Pertamina SMEXPO. Ajang pameran virtual UMKM terbesar di Indonesia yang digelar sejak September 2020. Dalam acara tersebut, Pertamina menghadirkan ratusan UMKM binaannya mulai dari kuliner, fashion, craft, furniture hingga agrobisnis.

Pertamina terus berupaya mendampingi UMKM binaannya agar Go Global. “Melalui program UMK Academy dan Pertamina SMEXP tahun 2021, tercatat UMKM binaan Pertamina sudah mampu Go Global dengan total transaksi lebih dari 9 miliar rupiah,” pungkas Heppy.

UMKM Mitra Binaan Pertamina dapat mendaftar untuk mengikuti ajang pameran yang akan diikuti Pertamina melalui link https://bit.ly/kurasipameran2022 dengan kriteria angsuran pinjaman lancar, tergabung dalam UMK Academy, pernah mengikuti pameran di tingkat lokal, mampu memproduksi sendiri dengan kapasitas yang memadai, memiliki materi promo (katalog dan video), tidak menggunakan LPG Subsidi, mengunduh aplikasi MyPertamina, follow Instagram gen_umkm serta bersedia untuk membuat paket promosi selama pelaksanaan pameran.

Pertamina juga senantiasa mendukung pencapaian SDGs (Sustainable Development Goals) melalui implementasi program-program berbasis ESG (Environmental, Social, and Governance) di seluruh wilayah operasionalnya. Hal ini merupakan bagian dari Tanggung Jawab Lingkungan dan Sosial (TJSL), demi mewujudkan manfaat ekonomi di masyarakat.