Usai Hujan Deras Semalam Tanah Longsor Landa 3 Titik di Bogor

Antar Daerah357 views

Inionline.id – Tadi malam hujan deras melanda Kota dan Kabupaten Bogor, Rabu (27/4). Akibatnya, terjadi longsor di sejumlah titik.

“Sementara laporan yang masuk ada lima kejadian, di antaranya banjir 1 titik, longsor 3 titik di Bogor Selatan, dan 1 titik pohon tumbang di Tanah Sareal, Kota Bogor. Korban jiwa nihil,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bogor Theofilo Patrocinio Freotas, Kamis (28/4/2022).

Theofilo menyebut hujan deras yang melanda Kota Bogor malam tadi mengakibatkan tebing rumah di Kelurahan Lawanggintung, Bogor Selatan, Kota Bogor, ambrol. Tidak ada korban di lokasi ini, namun material longsor menutup akses jalan warga.

“Titik longsor lainnya berada di Kelurahan Harjasari dan Kertamaya, Kecamatan Bogor Selatan. Tebing turap setinggi 5 meter ambrol dan menutup saluran air. Anggota sudah ke lokasi dan sudah ditangani. Dari tiga titik longsor tidak ada korban,” kata Theofilo.

“Dari laporan yang masuk juga ada banjir, tetapi hanya lintasan akibat luapan Sungai Cisadane. Lima rumah terdampak. Ketinggian air 40 sentimeter, tapi sudah surut. Kemudian ada pohon tumbang di Kebon Pedes, masuk Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor,” tambahnya.

Informasi dihimpun, tanah longsor juga terjadi di Desa Tajur Halang, Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor. Tembok belakang rumah warga jebol karena tertimpa material longsor.