Untuk Lawan Rusia, AS Segera Melatih Tentara Ukraina Gunakan Howitzer

Internasional157 views

Inionline.id – Militer Amerika Serikat (AS) akan mulai melatih tentara Ukraina dalam menggunakan artileri howitzer dalam beberapa hari ke depan. Persenjataan berat itu menjadi salah satu yang dikirimkan AS untuk membantu Ukraina dalam melawan pasukan Rusia.

Selasa (19/4/2022), Presiden AS Joe Biden pekan lalu mengumumkan bantuan militer tambahan senilai US$ 800 juta untuk Ukraina. Bantuan tambahan itu memperluas bantuan militer yang diberikan AS sebelumnya dengan mencakup artileri berat, menjelang serangan baru Rusia di Ukraina bagian timur.

Sejauh ini, empat penerbangan yang mengangkut persenjataan telah dikirimkan AS sebagai bagian dari paket bantuan terbaru.

Seorang pejabat pertahanan senior AS, yang enggan disebut namanya, menyebut pelatihan artileri howitzer itu akan digelar di luar wilayah Ukraina.

Disebutkan bahwa AS berencana mengajari para pelatih Ukraina soal cara menggunakan beberapa senjata baru seperti howitzer dan radar, kemudian para pelatih itu akan mengajari rekan-rekan mereka di Ukraina.

AS sebelumnya telah melatih pasukan militer Ukraina soal operasional pesawat tak berawak atau drone Switchblade.

Pada akhir pekan lalu, Kementerian Pertahanan Rusia melaporkan sistem antipesawat milik pasukan militernya di wilayah Odesa telah menembak jatuh sebuah pesawat transpor Ukraina yang mengantarkan pasokan persenjataan dari negara-negara Barat.

Pejabat pertahanan AS ini menyatakan otoritas AS tidak memiliki informasi yang menunjukkan klaim Rusia itu benar.