Polri Pastikan Tidak akan Lakukan Pencegatan Terhadap Pemudik Lebaran 2022

Berita057 views

Inionline.id – Terhadap pemudik Idulfitri 1443 Hijriah atau Lebaran 2022 Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri, Brigadir Jenderal Ahmad Ramadhan, memastikan pihaknya tidak akan melakukan pencegatan.

Dalam operasi menyambut Idulfitri 1443 Hijriah, menurutnya, polisi tidak akan membuat check point alias titik pemeriksaan. Dia berkata, Polri akan memberikan pelayanan demi kelancaran arus mudik tahun ini.

“Saya pastikan lagi bahwa dalam tahun ini di dalam operasi tahun ini tidak ada check point. Check point yang digunakan untuk cek seperti tahun tahun lalu, tidak ada putar balik, benar-benar kita memberikan pelayanan bagi masyarakat lancar dalam melaksanakan mudik,” ucap Ramadhan kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta pada Kamis (21/4).

Dia menyampaikan, pihaknya juga tidak akan menggelar kegiatan swab test atau tes usap. Menurutnya, Polri hanya akan menggelar program pemberian vaksin Covid-19 bagi masyarakat yang belum menerima hingga sekarang.

“Jadi kalau belum melaksanakan vaksin dikasih kesempatan untuk vaksin. Jadi tidak ada dicek periksa swab segala macam itu tidak ada. Kami pastikan bahwa kita melaksanakan pengamanan dan pelayanan agar warga bisa melaksanakan mudik dengan lancar,” tuturnya.

Sebagai informasi, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memprediksi penumpukan kendaraan yang hendak mudik akan terjadi pada H-3 jelang Hari Raya Idulfitri. Hal demikian kemungkinan besar terjadi kemacetan luar biasa di berbagai ruas jalan.

Karena itu, Ia berharap para perusahaan dan instansi pemerintah bisa memberikan cuti lebih awal minimal mulai H-8 Hari Raya Idulfitri.

“Tentu kalau mau dicutikan lebih awal juga senang ini pasti. Tentu arus baliknya nanti bisa diatur,” kaya Listyo.

Mengantisipasi Kemacetan Parah Mudik Lebaran 2022

Diketahui, Korlantas Polri menyebut kepadatan arus mudik Lebaran akan terjadi pada 28 April-1 Mei 2022.

Sementara Presiden Jokowi mengatakan ada 23 juta mobil dan 17 juta sepeda motor selama arus mudik. Dia menyebut kemacetan akan terjadi pada puncak arus mudik.