Pemprov Jabar Sempat Dinilai Gagap Hadapi Pandemi Covid-19, Inilah Saran Dewan Jabar Iwan Suryawan

Antar Daerah357 views

Bandung, Inionline.id – Turun langsung ke masyarakat di daerah pemilihannya, anggota Komisi V DPRD Jawa Barat Iwan Suryawan dari Kota Bogor banyak mendapat aspirasi masalah kesehatan, beberapa diantaranya menilai di awal pandemi hingga tahun 2021 Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat dirasa seperti gagap menghadapi situasi pandemi Covid-19.

Berangkat dari hal tersebut, Iwan Suryawan mencatat dan mencoba memberikan masukan bagi Pemprov Jabar agar lebih siap lagi di masa depan menghadapi situasi yang mengancam kesehatan masyarakat.

“Mengahadapi masalah kesehatan itu kadang tidak bisa berdiri sendiri, bukan ansih masalah kesehatan, namun disana ada masalah lingkungan, ada juga masalah sanitasi, masalah pemukiman dan banyak hal oleh karena itu kita berkolaborasi dengan bidang-bidang yang lain untuk lebih dikuatkan lagi mengantisipasi kondisi yang tidak terduga,” ujar Iwan Suryawan, Rabu (13/04/2022).

Menurut mantan Wakil Ketua DPRD Kota Bogor ini kolaborasi tersebut membuat ketika ada masalah kesehatan Pemerintah Provinsi sudah siap mengadapi itu semua, sehingga tidak gagap.

“Dan juga ini berproses kita tahu akhirnya mengahapi covid itu bertahap sehingga akhirnya bisa melibatkan masyarakat dalam penanggulangan dan lainnya, inipun demikian kedepannya tentunya cukup berat kondisi kedepan ini sehingga hasilnya semoga memberikan semangat yang kuat untuk memberikan yang terbaik,” tutur Iwan.

Kemudian masalah insentif bagi garda terdepan dalam kesehatan yaitu tenaga-tenaga kesehatannya juga harus diutamakan guna memberikan rasa aman nyaman kepada SDM kesehatan karena mereka yang senantiasa melayani masyarakat yang sakit.

“Kedua menguatkan kemampuan masyarakat secara internal meningkatkan kualitas dalam memberikan upaya kesehatan masyarakat dilingkungan, jadi dikuatkan preventifnya dilingkungan masyarakat, SDM diperkuat tidak lagi berpikir bagaimana kerumah dan sebagainya sudah aman didalam pendapatannya dan lainnya sehingga lebih leluasa memberikan pelayanan kepada masyarakat,” tutup Iwan Suryawan.