Minta Hormati Bulan Ramadan, Ridwan Kamil Kecam Pengeroyokan Ade Armando

Berita157 views

Inionline.id – Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil mengecam aksi kekerasan terhadap Ade Armando di lokasi demonstrasi 11 April 2022. Ridwan Kamil menyebut tindakan kekerasan tidak boleh dilakukan, terlebih saat ini bulan Ramadan.

Selasa (12/4/2022), pernyataan Ridwan Kamil tersebut disampaikan melalui akun Instagram-nya. Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, mengunggah video tentang aksi demo 11 April.

Awalnya, Ridwan Kamil menuliskan definisi dan sejarah sistem demokrasi. Dilanjutkan penjelasan tentang perbedaan pendapat harus disampaikan dengan argumen yang baik.

Menurutnya, kesepakatan yang sudah dimusyawarahkan harus dihormati. Kekerasan tak harus dijadikan sebagai ekspresi dalam menyampaikan argumentasi. Ia pun menyinggung soal kekerasan yang terjadi pada Ade Armando.

“Apa pun ekspresi argumentasinya, jangan pernah membawa kekerasan dalam kegiatannya. Termasuk kekerasan terhadap Ade Armando yang tidak semestinya terjadi jika semua bisa menahan diri. Apalagi ini adalah bulan suci Ramadan yang harus kita hormati,” tulis Ridwan Kamil dalam postingannya.

Emil berterima kasih kepada mahasiswa yang berunjuk rasa di Bandung dengan tertib.

“Terima kasih untuk para mahasiswa yang unjuk rasa dengan tertib dan kondusif, khususnya di Bandung. Hatur nuhun,” kata Kang Emil.