Dewan Jabar H. Cecep Gogom Kunjungi UPTD Pengawasan Ketengakerjaan Wilayah I Serap Aspirasi Minimnya Fasilitas

Antar Daerah357 views

Bogor, Inionline.id – Anggota Komisi V Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Barat H. Cecep Gogom (HCG) melakukan kunjungan kerja ke UPTD Pengawasan Ketenagakerjaan Wilayah I, jalan K S Tubun, Kota Bogor, Selasa (12/04/2022).

Dalam kunjungan tersebut HCG mengatakan bahwa permasalahan UPTD I ini tidak jauh dari 2 tahun yang lalu ketika Komisi V juga berkunjung ke tempat ini yaitu kendala fasilitas UPTD.

“Untuk status kondisi tempat saja ini masih sewa, oleh karena itu kami mendorong yang pertama atau mungkin bukan hanya dari kebutuhan untuk alat operasional, kemudian untuk personil pengawas, termasuk juga mungkin sebagai tempat yang digunakan untuk kantornya pun kami mencoba meondorong agar bisa yang representatif dan bisa milik sendiri, karena aset-aset Provinsi sangat banyak,” ucap HCG.

Sesi foto bersama anggota Komisi V DPRD Jawa Barat bersama ASN Wisnaker UPTD I Jawa Barat, Rabu (12/04/2022).

Kemudian HCG mengungkapkan Terkait permasalahan-permasalahan di tenagakerjaan lalu di perusahaan itu sendiri masih banyak kendala karena banyaknya keterbatasan.

“Bayangkan hampir 15 ribu perusahaan untuk di UPTD Wasnaker ini Bogor dengan hanya jumlah 24 pengawas itu betul-betul sangat terbatas sekali. Untuk Jawa Barat ini ternyata kita baru punya 5 Wasnaker sangat terbatas sekali, 27 kabupaten-kota hanya 5 perwakilan kanotr, di wilayah Kabupaten Bogor, Kota Bogor, Sukabumi, Kota Depok dan Cianjur memang posisinya ini tepatnya di daerah Bogor,” ungkap HCG.

Politisi Gerindra ini pun berharap dengan tingginya angka PHK di Jawa Barat yang mencapai 40 persen akibat pandemi Covid-19 tentunya membuat dirinya mencari ide guna mengangkat lagi lapangan-lapangan kerja baru.

“Dan bagaimana bisa dari potensi-potensi ini ditingkatkan terutama dari pengawasan, karena pengawasan ini bagian daripada eksekutifnya dan kami dari legislatifnya sama-sama ada fungsi pengawasan mudah-mudahan bisa pulih kembali,” pungkas HCG. (Pegi)