Wisata Banjarnegara Jateng dengan Pesona Alam yang Luar Biasa Memukau

Inionline.id – Setiap daerah di Indonesia memiliki pesona alam yang memikat, termasuk salah Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Wisata Banjarnegara menonjolkan pesona keindahan alam yang luar biasa memukau dan terlalu sayang untuk dilewatkan.

Yuk, simak daftar destinasi wisata Banjarnegara yang bisa jadi tujuan liburan Anda bersama keluarga!

Dataran Tinggi Dieng

Jawa Tengah dikenal memiliki dataran tinggi tertinggi di Pulau Jawa, tepatnya Dataran Tinggi Dieng yang berada di Kabupaten Wonosobo dan Banjarnegara. Ada banyak pilihan wisata alam di Dieng yang bisa Anda kunjungi, mulai dari Telaga 3 Warna, Telaga Pengilon, Batu Ratapan Angin, sunrise terindah se-Asia Tenggara di Bukit Sikunir, Kawah Sikidang, hingga Kompleks Candi Arjuna.

Area wisata ini menawarkan suasana alam pegunungan yang indah, sejuk, dan menenangkan. Anda bisa dengan menemukan must visited tempat wisata di Banjarnegara yang berbatasan langsung dengan Wonosobo, seperti Kompleks Candi Arjuna—tempat bersemayamnya para dewa.

Curug Pitu

Curug Pitu adalah nama sebuah air terjun dengan tujuh tingkatan yang terbentuk dari bebatuan hitam yang besar. Curug ini memiliki suasana adem, indah, dan jauh dari hiruk pikuk perkotaan.

Ketinggain curug mencapai sekitar 150 meter dengan debit air yang lumayan besar. Namun, tenang saja, Anda masih bisa bermain air dan menikmati keindahan curug ini.

Menurut masyarakat sekitar, aliran air Curug Pitu berasal dari mata air di Dieng. Tak heran jika suhu airnya dingin banget!

Tak hanya menyegarkan, bermain di air terjun ini juga menyehatkan tubuh dan meredakan stress. Serunya lagi, Anda bisa mencoba fasilitas reppeling (menuruni tebing air terjun) yang memicu adrenalin, tapi tetap dijamin aman dengan peralatan lengkap.

Arung Jeram di Sungai Serayu

Bagi Anda penyuka petualangan yang menguji adrenalin, bisa coba wisata arung jeram di Sungai Serayu, Banjarnegara. Derasnya arus sungai dan jeram yang menghadang menjadi tantangan tersendiri.

Ketinggian jeram yang bervariasi membuat wisatawan semakin bersemangat. Cocok untuk liburan bersama orang-orang terdekat.

Nah, itulah ulasan mengenai daftar destinasi wisata Banjarnegara Jawa Tengah yang mempesona dan wajib Anda kunjungi saat berlibur.