Ini 8 Makanan Sahur yang Bisa Bantu Kamu Tetap Bertenaga saat Puasa Ramadan

Kesehatan257 views

Inionline.id – Pada saat melakukan puasa Ramadan, sahur merupakan salah satu waktu makan paling penting. Makanan sahur yang tepat bakal sangat menentukan bagaimana puasa kita ke depannya.

Konsumsi makanan yang tak tepat bisa menyebabkan kamu bakal lemas seharian serta ibadah tidak lancar. Sebaliknya, ketika kamu memilih makanan yang tepat, rasa lapar dan dahaga tidak akan terlalu berdampak seharian.

Oleh karena itu, pada saat sahur, kamu tidak boleh mengonsumsi makanan secara sembarangan. Dikumpulkan dari berbagai sumber, berikut sejumlah makanan yang harus dikonsumsi agar kamu tetap bertenaga saat melakukan puasa Ramadan.

1. Telur

Telur merupakan salah satu makanan sehat kaya protein yang patut dikonsumsi saat sahur. Konsumsi telur saat sahur bisa membuatmu kenyang lebih lama saat berpuasa.

2. Alpukat

Alpukat merupakan buah kaya nutrisi dan serat yang cocok dikonsumsi saat sahur. Kandungan tinggi serat dari alpukat ini bisa membuat perut kenyang lebih lama dan melepaskan energi dalam tubuh dengan perlahan sehingga kamu tidak mudah lemas.

Yogurt dan Quinoa

3. Greek Yogurt

Greek yogurt merupakan makanan yang lezat dan sehat untuk santapan sahur. Kandungan protein dan probiotik dari yogurt ini lebih tinggi dibanding jenis lain sehingga kamu menjadi lebih kenyang. Selain itu, kandungan karbohidrat di dalamnya juga rendah sehingga kamu tidak mudah haus.

4. Quinoa

Quinoa merupakan salah satu makanan sehat karena kandungan bebas gluten, tinggi protein, serta memiliki asam amino di dalamnya. Makanan ini bisa membuat perut lebih kenyang untuk waktu lama sehingga sangat cocok untuk disantap saat sahur.

Selai Kacang dan Oatmeal

5. Selai Kacang

Selai kacang bisa menjadi pendamping roti yang kamu konbsumsi saat sahur dan memiliki rasa yang juga lezat. Selai ini juga memiliki kandungan tinggi protein dan lemak tak jenuh yang bisa membuatmu kenyang.

6. Oatmeal

Oatmeal merupakan makanan dengan kandungan tinggi protein dan karbohidrat di dalamnya. Oatmeal bisa digabungkan dengan berbagai makanan lain untuk membuatnya lebih lezat dan mengenyangkan.

Ikan, Ayam, Buah, dan Sayur

7. Ikan dan Ayam

Ayam dan ikan merupakan jenis makanan yang tepat disantap saat sahur karena bisa memenuhi kebutuhan nutrisi harianmu. Pastikan saja agar tidak mengonsumsinya dalam kondisi digoreing karena justru bisa membuatmu lebih haus usai menyantapnya.

8. Buah dan Sayur

Buah dan sayur merupakan sumber nutrisi yang penting untuk kita santap setiap hari. Kandungan tinggi air di keduanya juga bisa membantu seseorang tetap terhidrasi ketika menyantapnya setelah sayur.

Jangan lupakan juga kandungan serat yang tinggi dari buah dan sayur. Selain mencegah haus, kandungan ini juga memastikan perut tetap kenyang untuk waktu cukup lama.