Di Survei Capres 2024 Populi Prabowo Ungguli Sandiaga, Erick Thohir dan Airlangga

Politik257 views

Inionline.id – Lembaga dan penelitian dan survei, Populi Center menyelenggarakan survei nasional pada tanggal 21 hingga 29 Maret 2022, dengan tema Dinamika politik jelang Pemilu 2024. Hasil survei menemukan bahwa dari empat menteri berpeluang menjadi calon presiden pada tahun 2024, Menhan Prabowo Subianto unggul 37,1 persen dibandingkan tiga menteri lainnya.

Prabowo mengungguli Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto dan Menteri BUMN Erick Thohir.

“Menteri yang berpeluang menjadi calon presiden pada tahun 2024, Prabowo Subianto unggul dengan 37,1 persen, disusul oleh Sandiaga Salahuddin Uno (23 persen), Erick Thohir (8 persen), dan Airlangga Hartarto (2,3 persen),” kata Peneliti Populi Center Rafif Pamenang Imawan dalam keterangannya, Minggu (24/4).

Sementara terkait calon wakil presiden idaman, mayoritas memilih Sandiaga Uno. Mayoritas masyarakat memilih Sandiaga Salahuddin Uno sebagai Wakil Presiden apabila pemilihan Presiden dan Wakil Presiden dilakukan hari ini dengan persentase 16,6 persen.

“Disusul Anies Baswedan (8,6 persen), Erick Thohir (5,8 persen), Ridwan Kamil (5 persen), Ganjar Pranowo (5 persen), Agus Harimurti Yudhoyono (3,8 persen), Prabowo Subianto (3,7 persen), dan Basuki Tjahaja Purnama (3,6 persen),” ujar Rafif.

Tiga Kandidat Kuat Capres 2024

Terkait tiga nama teratas capres, Rafif menyebut tiga nama yakni Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, dan Anies Baswedan menjadi tiga kandidat kuat. Meski demikian, dia menyebut peta politik masih terbuka, sebab masih cukup banyak masyarakat yang belum mengetahui pelaksanaan pemilu serentak di tahun 2024.

“Di luar ketiga nama tersebut, terdapat nama-nama lain yang patut diperhitungkan, antara lain Sandiaga Salahuddin Uno, Ridwan Kamil, dan Erick Thohir,” kata dia.

Adapun Metode pengambilan data dalam survei ini dilakukan melalui wawancara tatap muka terhadap 1.200 responden yang dipilih menggunakan metode acak bertingkat (multistage random sampling) dengan margin of error (MoE) ± 2,83 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.