Contraflow-One Way Menjadi Strategi Polisi Cegah Macet di Tol Jalur Mudik Bekasi

Antar Daerah157 views

Inionline.id – Untuk mencegah kemacetan di jalur mudik terutama di ruas jalan tol, Polres Metro Bekasi menyiapkan strategi. Di antaranya pengaturan rekayasa lalu lintas sistem satu arah (one way) dan juga contraflow.

“Untuk jalur tol rencana akan dilakukan one way atau contraflow,” ujarKasat Lantas Polres Metro Bekasi Kompol Argadija Putra ketika dihubungi, Jumat (8/4/2022).

Sedangkan di jalur mudik jalan arteri, pihak kepolisian akan menempatkan personel untuk memaksimalkan pengaturan dan penjagaan lalu lintas. Polisi melakukan pengaturan lalu lintas di beberapa titik rawan macet, seperti di Jalan Kalimalang-Bekasi.

Siapkan 13 Titik Posko

Selain itu, pihak kepolisian juga akan menyiapkan pos pengamanan (Pospam) dan pos pelayanan (Posyan) di 13 titik jalur mudik. Posko tersebut tersebar di jalur mudik jalan arteri dan jalan tol.

“Di jalur Pantura 6 Pospam dan 2 Posyan, di jalur Kalimalang ada 2, di jalur tol ada 3 di rest area,” imbuh Arga.

Di pos pelayanan, polisi menyiapkan gerai vaksin booster. Sehingga, pemudik yang belum mendapatkan vaksin booster bisa disuntik secara gratis di gerai terseut.

“Jangan lupa vaksin. Karena sesuai perintah presiden kan yang pemudik ini harus melaksanakan vaksin booster,” tuturnya.

Tidak Ada Penyekatan Kendaraan

Arga memastikan tidak akan ada penyekatan pada mudik tahun ini. Walau demikian, nantinya akan ada sampling acak kepada para pemudik dan membuka gerai vaksin.

“Nggak ada (penyekatan). Nanti mungkin kita lakukan pengecekan uji sampling juga, kalau ada pemudik yang belum vaksin, kita sarankan untuk vaksin di pos pelayanan itu,” tuturnya.

Arga mengatakan tidak akan ada pemudik yang diberhentikan polisi. Ia mengimbau masyarakat untuk mempersiapkan mudik dengan matang, termasuk sudah vaksin booster.

“Tetap perhatikan keselamatan pada saat melaksanakan mudik, siapin kendaraannya, siapin dirinya, terus hati-hati,” ucapnya.