Presiden Jokowi Mengatakan IKN Nusantara akan Dibangun dengan Konsep Kota Hutan

Headline, Nasional357 views

Inionline.id – Dengan konsep kota hutan IKN Nusantara akan dibangun. Jokowi menyebut akan melakukan rehabilitasi tanaman selama proses pembangunan.

“Konsep Ibu Kota Nusantara ini adalah kota hutan, artinya akan dibiarkan hijau seperti ini. Tetapi ini yang dipakai untuk Ibu Kota ini adalah tanaman industri yang monokultur, yang homogen tanamannya yang setiap 7 tahun ditebang,” ujar Jokowi, dalam keterangannya, Selasa (15/3/2022).

Dia berharap nantinya akan dibangun pusar persemaian yang memproduksi 20 juta bibit tanaman per tahun. Bibit itu yang akan ditanam di IKN sebagai rehabilitasi hutan.

“Nanti kita tanam untuk rehabilitasi hutan yang ada di IKN Nusantara ini sehingga tanamannya tidak monokultur, tanamannya endemik, tanaman lokal, yang mampu menarik hewan untuk masuk, menarik burung-burung untuk masuk, menarik kupu-kupu untuk masuk, sehingga memang ini yang mau kita lakukan merehabilitasi baik hutannya maupun mereklamasi dari bekas tambang yang ada. Karena sudah banyak sekali hutan yang dirambah masyarakat dan sebagian sudah harus diperbaiki dan direhabilitasi,” papar Jokowi.

Jokowi menyebut pembangunan IKN Nusantara sebuah pekerjaan besar. Jokowi mengatakan pembangunan IKN Nusantara ini diperkirakan bisa diselesaikan selama 15 hingga 20 tahun ke depan.

“Ini kan sebuah pekerjaan yang raksasa besarnya, ini pekerjaan yang besar sekali, jadi… dan juga bukan pekerjaan yang mudah, ini pekerjaan rumit. Oleh sebab itu memang butuh waktu yang panjang,” kata Jokowi.

Jokowi memperkirakan pembangunan IKN Nusantara baru bisa selesai antara 15 hingga 20 tahun ke depan. Dia berharap kepala otorita dan wakil kepada otorita dan lembaga terkait akan bekerja dengan baik.

“Perkiraan kita antara 15 sampai 20 tahun baru bisa diselesaikan dan kita harapkan dengan sudah terbentuknya otorita, ada kepala otorita dan wakil kepala otorita nanti yang menyiapkan,” katanya.

“Kelembagaan juga ada, nanti perencanaan yang lebih detail, entah itu ide dan lain-lain juga disiapkan, sehingga akan semakin kelihatan,” imbuhnya.