Luhut Perintahkan Pemda Memperkuat Tracing Kasus Covid

Berita057 views

Inionline.id – Luhut Binsar Pandjaitan Menteri Koordinator bidang Maritim dan Investasi (Menko Marves) mengakui jumlah capaian pemeriksaan warga terhadap virus corona (Covid-19) di Indonesia baik melalui tes PCR maupun rapid test antigen saat ini mengalami penurunan.

Luhut menyebut, penurunan jumlah pemeriksaan itu terjadi seiring dengan kebijakan pemerintah yang resmi menghapus syarat negatif tes Covid-19 bagi pelaku perjalanan domestik sejak 8 Maret lalu.

“Jumlah orang yang diperiksa mengalami penurunan seiring dengan tidak diberlakukannya lagi syarat antigen atau PCR dalam perjalanan,” kata Luhut dalam konferensi pers yang disiarkan melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden, Senin (14/3).

Koordinator Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Jawa-Bali itu lantas meminta setiap daerah untuk kembali menggenjot pemeriksaan Covid-19 dan tracing alias pelacakan kontak erat di daerahnya masing-masing.

Upaya surveilans yang dilakukan dengan agresif menurutnya akan menyebabkan rasio kasus positif atau positivity rate Covid-19 Indonesia mengalami peningkatan. Saat ini, positivity rate mingguan Indonesia berada di 13,49 persen. Sementara batas ambang aman dari Badan Kesehatan Dunia (WHO) sebesar 5 persen.

“Untuk dapat mengidentifikasi kasus dan menghindari potensi lonjakan kasus, pemerintah minta seluruh daerah kembali memperkuat kapasitas testing dan tracing,” ujar Luhut.

Kementerian Kesehatan baru-baru ini menyampaikan, dari capaian jumlah pemeriksaan Covid-19 di Indonesia per 8 Maret. Dapat dilihat 84,4 persen di antaranya merupakan pemeriksaan screening, kemudian 7,2 persen pemeriksaan terhadap suspek. Lalu 5,3 persen pemeriksaan kontak erat, dan 3,4 persen lainnya merupakan pemeriksaan follow up.

Kemenkes juga menyebut, jumlah aktivitas tracing dalam dua pekan terakhir juga mengalami tren penurunan. Jumlah tracing baru-baru ini bahkan tidak sampai pada abang batas yang ditetapkan WHO yakni 80 persen kasus konfirmasi Covid-19 harus dilacak kontak eratnya.