Presiden Jokowi dan Gubernur Se-Indonesia Melakukan Prosesi Penyatuan Tanah dan Air di IKN Nusantara

Headline, Nasional057 views

Inionline.id – Prosesi penyatuan tanah dan air di IKN Nusantara dilakukan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan gubernur se-Indonesia dari 34 provinsi. Penyatuan air dan tanah ini digelar di titik nol IKN Nusantara.

Proses penyautan tanah dan air ini disiarkan langsung melalui YouTube Sekretariat Presiden, Senin (14/3/2022). Proses ini turut disaksikan Ketua MPR RI Bambang Soesatyo atau Bamsoet.

Terlihat Jokowi didampingi Iriana. Jokowi tampak menggunakan kemeja putih dan celana warna hitam. Setibanya di titik nol IKN, Jokowi langsung disambut Sultan Kutai Kartanegara Ing Martadipura XXI, Sultan Adji Muhammad Arifin.

Adapun jajaran menteri yang mendampingi Jokowi antara lain Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia, Seskab Pramono Anung, Kepala IKN Bambang Susantono dan Wakil Kepala Dhony Rahajoe.

Prosesi dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mendapat kesempatan pertama untuk menyerahkan tanah dan air yang dibawa ke Presiden Jokowi.

Anies memberikan tanah dan kendi berisi air ke Jokowi yang kemudian dituangkan ke bejana Nusantara. Penyerahan tanah dan air itu kemudian dilakukan oleh Gubernur Aceh dan Papua. Satu per satu para Gubernur menyerahkan tanah dan kendi air ke Jokowi.