Senegal Tetapkan Hari Libur Nasional Setelah Juara Piala Afrika 2021

Inionline.id – Dalam rangka perayaan kemenangan tim nasional di Piala Afrika 2021 Pemerintah Senegal menetapkan Hari Libur Nasional. Warga berpesta di jalan-jalan kota.

Timnas Senegal sukses menjadi kampiun Piala Afrika 2021 usai menaklukkan Mesir di partai puncak, Minggu (6/2/2022) malam waktu setempat. Sadio Mane cs menang adu penalti 4-2.

Ini menjadi gelar pertama Senegal di pentas Piala Afrika. Prestasi tertinggi The Lions of Teranga sebelumnya yakni menjadi runner-up pada edisi 2002 dan 2019.

Keberhasilan ini disambut suka cita masyarakat Senegal. Melansir BBC, perayaan meletus di ibu kota negara, Dakar, dengan orang-orang turun ke jalan sambil menari dan menembakkan kembang api ke udara.

Masyarakat Senegal juga tak sabar menyambut kepulangan skuad negara dari Kamerun pada Senin (7/2) malam. Puluhan ribu orang berkumpul di dekat bandara demi menyambut sang jawara Piala Afrika 2021.

Presiden Senegal, Macky Sall, mempersingkat waktu kunjungan ke luar negeri demi bisa mengadakan resepsi resmi bagi tim nasional. Skuad asuhan Aliou Cisse bakal dijamu di istana pada Selasa (8/2).

Sall turut memberikan apresiasi atas pencapaian Senegal di Piala Afrika 2021. Dia menetapkan Hari Libur Nasional pada hari Senin agar masyarakat Senegal bisa merayakan keberhasilan tim nasional.

“Permainan yang luar biasa! Tim yang luar biasa! Anda melakukannya. Momen indah sepak bola, momen persatuan dan kebanggaan nasional yang indah. Selamat untuk para pahlawan kami,” cuit Sall di akun Twitter miliknya.