Luhut Menjelaskan Kenaikan Kasus COVID RI Sangat Pesat Tetapi Dampaknya Lebih Kecil dari Delta

Berita157 views

Inionline.id – Luhut Binsar Pandjaitan Menko Marves, menjelaskan kenaikan kasus Corona di Indonesia sangat pesat. Meski demikian, dampak kenaikan kasus terhadap rumah sakit dan kematian relatif rendah.

“Tren kenaikan kasus COVID-19 di Indonesia meningkat sangat pesat. Namun, secara umum dampak terhadap rumah sakit dan kematian secara keseluruhan relatif masih jauh lebih kecil dibandingkan dengan Delta,” kata Luhut saat jumpa pers virtual, Senin (7/2/2022).

Kenaikan kasus terjadi cukup pesat di Jakarta, Jabar, dan Banten. Jika dibandingkan dengan gelombang Delta, Luhut mengatakan dampak gelombang ketiga kali ini relatif kecil.

“Sebagai contoh, kenaikan di Provinsi DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten, meningkat sangat pesat. Namun perawatan rumah sakit dan kematian relatif rendah dan lebih kecil dibandingkan dengan Delta,” ujar Luhut.

Luhut memberikan catatan kepada Bali, sebab penambahan kasus di Pulau Dewata seperti gelombang Delta tahun lalu. Namun, Luhut mengatakan penambahan masih dapat dikontrol.

“Namun Provinsi Bali perlu mendapat perhatian khusus, karena terdapat tren penambahan kenaikan kasus juga melebihi puncak Delta melebihi keterisian rumah sakit tapi masih dalam border line,” imbuhnya.