Ketahui Jarak Waktu Makan yang Ideal Dilakukan Demi Menurunkan Berat Badan

Kesehatan057 views

Inionline.id – Pada saat melakukan diet untuk menurunkan berat badan, memperhatkan makan merupakan hal yang penting. Pada saat melakukan hal ini, bukan hanya jenis makanan saja yang perlu diperhatikan namun juga waktu makan.

Jarak antara satu waktu makan dengan waktu makan lain perlu sangat diperhatikan. Jarak makan yang tepat bisa sangat membantu dalam menurunkan berat badan dengan mudah.

Pilihan waktu makan dan jenis makanan yang tepat bisa membantu dali memenuhi kebutuhan energi dalam sehari. Pada dasarnya, tubuh memerlukan asupan makanan yang konstan dengan pola yang tepat.

Rutinitas makan yang tepat bisa sangat membantu dalam mengatur asupan nutrisi pada tubuh. Hal ini juga bisa sangat membantu dalam pembakaran kalori dalam tubuh.

Pada tubuh kita, terdapat ritme sirkadian yang mengatur jam tidur dan bangun dalam sehari. Ritme sirkadian yang dimiliki oleh seseorang dengan orang lain ini bisa berbeda satu sama lain.

Pola jam bangun dan tidur ini bisa sangat menentukan bagaimana proses internal berfungsi pada tubuh. Waktu makan milik seseorang harus disesuaikan dengan siklus sirkadian yang dimilikinya.

Jarak Jam Makan Malam dengan Sarapan

Pada saat baru bangun tidur, perlukah kita langsung sarapan? Jawaban ini bisa sangat tergantung pada jam berapa kita makan malam. Idealnya, terdapat jarak waktu 12 jam antara makan malam dengan sarapan.

Jarak 12 jam ini dihitung sejak jam terakhir kamu makan malam dan kapan kamu sarapan. Oleh karena itu sangat disarankan makan malam dan tidur lebih awal agar dapat sarapan pagi hari keesokannya.

Jarak Sarapan dengan Makan Siang

Sistem pencernaan tubuh kita membutuhkan setidaknya empat jam untuk mencerna makanan yang kita konsumsi. Oleh karena itu, jarak dari sarapan ke makan siang yang ideal juga empat jam. Jarak makan yang terlalu lama bisa menyebabkan munculnya masalah asam lambung.

Jarak Makan Siang dan Makan Malam

Sama seperti antara sarapan dan makan siang, jarak ideal makan siang ke makan malam adalah empat jam. Pada makan malam, disarankan untuk mengonsumsi makanan yang ringan dan sederhana bila kamu berniat menurunkan berat badan.

Pentingnya Cemilan

Pada jeda waktu makan ini, kita bisa mengonsumsi cemilan untuk menunda rasa lapar yang muncul. Pastikan saja memilih cemilan sehat seperti kacang-kacangan dan buah-buahan untuk membantumu lebih mudah dan cepat dalam menurunkan berat badan.