Sosialisasi 4 Pilar, Kang Ecky; Seni dan Budaya mengokohkan Pilar Bangsa

Politik257 views

Inionline.id – Anggota MPR RI, Ecky Awal Mucharam menyampaikan bahwa masyarakat Indonesia patut bangga karena memiliki Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Nasional disamping berbagai Bahasa daerah yang beraneka ragam, mulai dari Sabang hingga Merauke. Hal tersebut ia sampaikan di acara Sosialisasi Empat Pilar MPR bersama masyarakat dan pengurus DPD PKS Kota Bogor beberapa waktu yang lalu.

“Bahasa Indonesia merupakan bahasa persatuan, namun tentu tidak menghilangkan bahasa lokal ketika bergaul maupun berkomunikasi” ujar Legislator Komisi XI tersebut, oleh sebab itu, masyarakat Indonesia diajak untuk terus menggunakan Bahasa Indonesia ketika berinteraksi antar daerah di Indonesia.

Selain bahasa, Aleg FPKS tersebut menyampaikan bahwa seni dan budaya harus tetap dilestarikan dan harus semakin didukung. Keberagaman dalam melestarikan kultur seni budaya semua terkandung dalam nilai pancasila dan UUD 1945. Di era milenial sàat ini sangat jarang ditemukan anak muda yang masih mempertahankan ciri khas seni budaya.

“Jika kita bertumpu pada pancasila, maka seni budaya adalah salah satu media untuk menyampaikan pesan kepada generasi muda bangsa utamanya agar menjaga niali-nilai yang terkandung dalam Pancasila,”, jelas anggota legislatif Dapil Kota Bogor dan Kota Cianjur.

Selanjutnya, Aleg PKS ini juga menyampaikan bahwa para seniman, budayawan harus mendapatkan perhatian dari pemerintah, salah satunya dengan afirmasi insentif pajak.

Terutama bagi seniman lokal yang harus menjalankan pekerjaannya secara langsung ke tempat (offline).

“Seni budaya mampu merekatkan bangsa kita, oleh karenanya kita juga harus melestarikan dan turut serta berperan agar seni dan budaya indonesia mampu terus eksis”, kata Ecky.