Jerman Catat 112.000 Kasus Corona Sehari Untuk Pertama Kali

Internasional057 views

Inionline.id – Di tengah penyebaran varian Omicron yang sangat menular Otoritas Jerman melaporkan lebih dari 112.000 kasus virus Corona (COVID-19) dalam sehari. Ini menjadi momen pertama kalinya jumlah kasus harian Corona di Jerman menembus angka 100.000 kasus sejak awal pandemi.

Rabu (19/1/2022), badan penyakit menular Jerman, Robert Koch Institute (RKI) melaporkan 112.323 kasus Corona dalam 24 jam terakhir. Angka ini mencetak rekor sebagai kasus harian Corona tertinggi di Jerman sejak awal pandemi.

Dengan lonjakan tersebut, maka menurut RKI, total 8.186.850 kasus Corona kini terkonfirmasi di Jerman.

Data terbaru RKI juga melaporkan tambahan 239 kematian dalam sehari. Tambahan itu menjadikan total kematian akibat Corona di Jerman mencapai 116.081 kematian sejauh ini.

Rekor tertinggi ini tercatat saat Menteri Kesehatan (Menkes) Karl Lauterbach menyatakan puncak gelombang terbaru Corona belum tercapai dan mencetuskan agar aturan wajib vaksin Corona diberlakukan di negara ini.

Lauterbach memperkirakan puncak gelombang terbaru Corona baru akan tercapai dalam beberapa pekan ke depan, saat varian Omicron yang sangat menular membuat angka insiden tujuh hari di Jerman melonjak jadi 584,4 kasus per 100.000 orang.

“Saya pikir kita akan mencapai puncak gelombang (terbaru) pada pertengahan Februari, dan kemudian jumlah kasusnya bisa turun lagi, tapi kita belum mencapai puncaknya,” tutur Lauterbach kepada televisi lokal RTL.

Lebih lanjut disebutkan Lauterbach bahwa dirinya meyakini jumlah kasus Corona yang tidak dilaporkan saat ini mencapai dua hingga tiga kali lipat lebih banyak dari angka yang telah diketahui.

Dalam pernyataannya, Lauterbach juga mencetuskan bahwa vaksinasi wajib harus segera diberlakukan di Jerman, bisa pada April atau Mei mendatang, demi menghindari gelombang Corona lainnya dengan kemungkinan varian baru pada musim gugur.