Datangi Panti Rehabilitasi Sosial Bina Karya Kabupaten Bandung Barat, Dewan Jabar Iwan Suryawan Siap Dorong Optimalisasi Panti

Antar Daerah157 views

Kabupaten Bandung Barat, Inionline.id – Komisi V Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa barat melakukan kunjungan kerja ke Panti Rehabilitasi Sosial Bina Karya (PRSBK), Jambudipa, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung barat, Rabu (05/01/2022).

Dalam lawatan tersebut, koordinator Komisi V DPRD Jawa barat H. Iwan Suryawan mengatakan bahwa tujuan utama dirinya bersama rombongan mendatangi PRSBK adalah guna Evaluasi Anggaran Tahun 2021 di Panti Rehabilitasi Sosial Bina Karya (PRSBK).

“Temuan pertama kami yang menjadi masalah adalah, Kapisaitas pembinaan bagi Keluarga Gelandangan dan Pengemis sebanyak 28 keluarga yang ditampung dalam 15 Unit Rumah dimana 1 rumah dalam kondisi rusak,” ungkap Iwan Suryawan.

Kemudian Anggaran yang dialokasi kan untuk Operasional PRSBK mengalami Refocusing kurang lebih sebesar 50 persen, lalu Luas area Pengelolaan 10 Ha masih memerlukan pengembangan dan inovasi pengelolaan hingga PSRBK bias menampung dan membina Keluarga Gelandangan dan Pengemis di wilayah Jawa Barat.

“Adapun Inovasi yang dilakukan PRSBK telah mendapatkan apresiasi dari pemerintah Provinsi, kemudian perlu peningkatan Jalan akses menuju PRSBK dengan membebaskan lahan seluas 500m dan pembuatan jalan hingga PRSBK mudah untuk diakses oleh masyarakat,” tukas Iwan Suryawan.

Mantan Wakil Ketua DPRD Kota Bogor ini pun sudah menentukan rencana tindak lanjutnya dari Komisi V DPRD Jabar yaitu rapat Kerja dengan Dinas Sosial Provinsi untuk membahas terkait Optimalisasi Panti Rehabilitasi milik Provinsi Jawa Barat dan kemungkinan pelibatan pihak swasta dalam pengelolaan Panti.

“Selain itu Pengajuan anggaran pembebasan lahan dan pembuatan jalan dalam APBD 2023
Dukungan anggaran yang bersumber dari fasilitasi anggota Komisi V untuk membangun Graha Binaan yang akan meningkatkan daya tampung keluarga binaan,” tutup Iwan Suryawan.