Bamsoet Mendukung Rencana Pemerintah Memberikan Vaksin Booster Gratis untuk Masyarakat

Nasional057 views

Inionline.id – Bambang Soesatyo Ketua MPR RI menyatakan dukungannya terhadap rencana pemerintah memberikan vaksin booster COVID-19 secara gratis kepada masyarakat per 12 Januari 2022. Menurutnya, pemberian booster sebagai vaksin dosis ketiga harus dilakukan secara gratis, seperti halnya dengan vaksin dosis pertama dan kedua.

Bamsoet juga menekankan vaksin booster harus diberikan gratis kepada seluruh kelompok masyarakat, khususnya lansia dan peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI).

“Terutama untuk kalangan lansia dan peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI) BPJS Kesehatan, jangan sampai mereka harus mengeluarkan uang dalam mendapatkan vaksin booster COVID-19 dosis ketiga. Diperkirakan, kedua segmen kelompok masyarakat tersebut berjumlah sekitar 83,1 juta. Terdiri dari kelompok lansia sebanyak 21,5 juta orang dan peserta PBI BPJS Kesehatan non lansia sebanyak 61,6 juta orang,” ujar Bamsoet dalam keterangannya, Rabu (5/1/2022).

Selain pemberian vaksin booster COVID-19 gratis kepada lansia dan PBI BPJS Kesehatan, Bamsoet juga mendorong pemerintah menggandeng berbagai organisasi masyarakat untuk bergotong royong memberikan vaksin booster gratis kepada berbagai kalangan masyarakat, sebagaimana yang turut dilakukan dalam pemberian vaksin dosis pertama dan kedua.

“Jangan sampai dalam perjuangan melawan pandemi COVID-19, masyarakat yang dua tahun ini sudah menjadi korban pandemi lantaran menurunnya aktivitas perekonomian dan pendapatan mereka, malah kembali mendapatkan beban tambahan karena harus mengeluarkan uang untuk mendapatkan vaksin booster COVID-19 dosis ketiga. Jika pemerintah memberikan kesempatan kepada organisasi masyarakat untuk menyelenggarakan vaksinasi booster COVID-19 gratis, pasti banyak yang akan menyambutnya. Jiwa gotong royong bangsa Indonesia tidak perlu diragukan,” tuturnya.

Ia pun menerangkan, sepanjang tahun 2020 Satgas COVID-19 melaporkan Indonesia telah menyuntikan 280 juta dosis vaksin COVID-19 ke berbagai kalangan masyarakat. Jumlah ini menempatkan Indonesia di peringkat ke-5 negara dengan penyuntikan vaksin COVID-19 terbanyak di dunia. Posisi pertama ditempati Tiongkok Daratan yang telah memberikan 2,7 miliar dosis vaksin, India sebanyak 1,46 miliar dosis vaksin, Amerika Serikat sebanyak 508 juta dosis vaksin, dan Brazil sebanyak 332 juta dosis vaksin.

“Satgas COVID-19 mencatat, per 3 Januari 2022, pemberian vaksin OVID-19 dosis ketiga sudah dilakukan terhadap 1,2 juta jiwa tenaga kesehatan. Sementara dosis pertama sudah diberikan kepada 166,104 juta jiwa dan dosis kedua diberikan kepada 114,196 juta jiwa. Melalui pemberian vaksin booster COVID-19 dosis ketiga, diharapkan akan semakin menurunkan resiko penyebaran COVID-19 dan masyarakat bisa kembali beraktivitas serta menggeliatkan perekonomian,” pungkasnya.