Polda Metro Minta Maaf Terkait Pentupan Jalan Antisipasi Reuni 212 Membuat Macet

Antar Daerah157 views

Inionline.id – Pagi ini terjadi kemacetan di sejumlah titik, Penutupan kawasan Monas dan Patung Kuda, Jakarta Pusat, untuk mencegah massa Reuni 212. Polda Metro Jaya pun meminta maaf.

“Polda Metro akan memberikan pelayanan masyarakat, khususnya di bidang lalu lintas ya yang berlalu lintas di pagi hari. Kami mohon maaf kalau ada pengalihan di seputaran Patung Kuda,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes E Zulpan saat dihubungi, Kamis (2/12/2021).

Zulpan mengatakan tidak ada pengamanan khusus yang disiapkan pihaknya dalam mengantisipasi kegiatan Reuni 212. Pasalnya, kegiatan itu tidak mengantongi izin kepolisian dan Satgas COVID-19 DKI Jakarta.

“Jadi Polda Metro Jaya tidak mengeluarkan izin untuk kegiatan tersebut. Kita hanya mengantisipasi saja, artinya agar tidak ada kerumunan orang di wilayah, khususnya Patung Kuda, sehingga di seputaran wilayah itu memang ada pengalihan arus lalu lintas,” terang Zulpan.

“Jadi tidak ada hal yang khusus, perkuatan tidak ada. Hanya, kegiatan rutin saja yang dilakukan anggota di lapangan,” tambahnya.

Zulpan memastikan kondisi Jakarta hari ini akan baik-baik saja. Masyarakat diminta menghindari kawasan Monas agar tidak terkena macet.

“Jadi saya imbau masyarakat biasa saja, tidak ada apa-apa, aman-aman aja. Aktivitas normal, hanya itu aja, mohon maaf kalau akibat pengalihan arus ini jadi berputar ya,” tutur Zulpan.

Untuk diketahui, Polda Metro Jaya melakukan rekayasa lalu lintas dengan menutup sejumlah ruas jalan menuju Patung Kuda dan Monas, Jakarta Pusat (Jakpus). Imbas dari penutupan jalan ini, Jalan Ir Juanda arah Stasiun Juanda mengalami kemacetan.

Pukul 06.45 WIB, Kamis (2/12/2021), terlihat Jalan Ir Juanda mengalami kemacetan mengular. Terdengar klakson kendaraan saling bersahutan.

Seharusnya, hanya ada satu jalur menuju Stasiun Juanda. Namun kini kendaraan dari dua arah juga melintas di jalur ini imbas penutupan jalan menuju Patung Kuda dan Monas.

Perlu diketahui penutupan jalan menuju Patung Kuda dan Monas ini untuk mencegah massa Reuni 212. Titik penutupan jalan menuju Monas dan Patung Kuda tersebut adalah Jalan MH Thamrin, Jalan Agus Salim, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jalan Medan Merdeka Utara, Jalan H Juanda, Jalan Veteran II, Jalan Veteran III, Jalan Veteran I, Jalan Majapahit, Jalan Museum, Jalan Budi Kemuliaan.

Semua jenis kendaraan, termasuk TransJakarta, tidak bisa melewati kawasan terbatas itu hingga malam pukul 21.00 WIB. Imbasnya, seluruh kendaraan menuju kawasan Patung Kuda dan Monas akan dialihkan.

Berikut ini pengalihan arusnya:
– Kendaraan dari arah Jl MH Tamrin menuju Bundaran Patung Kuda dibelokkan ke kiri atau ke kanan di Simpang Kebon Sirih.
– Kendaraan dari Jalan Abdul Muis diluruskan, sehingga tidak bisa ke arah Harmoni.
– Kendaraan dari arah Tugu Tani ke Jalan Merdeka Selatan diluruskan menuju Katedral atau ke arah Masjid Istiqlal.
– Kendaraan dari Harmoni ke Istana dibelokkan ke kiri ke Jl Ir H Juanda.
– Kendaraan dari arah Tomang diluruskan atau dibelokkan ke kiri ke arah Kota Tua.
– Jl Veteran I-III ditutup.