Ini 5 Cara Memeriksa Kesehatan Kaki dengan Mudah dan Sederhana

Kesehatan157 views

Inionline.id – Menjaga kesehatan tubuh tidak bisa dilakukan secara setengah-setengah. Kita perlu memerhatikan kesehatan seluruh bagian tubuh dengan sepenuh hati.

Memeriksa kesehatan dengan sungguh-sungguh ini jika perlu kita lakukan pada kaki. Pasalnya, kesehatan kaki yang buruk bisa berdampak pada bagian lain di tubuh.

Kesehatan kaki merupakan salah satu hal jarang menjadi perhatian bagi banyak orang. Seringkali orang tidak memperhatikan kondisi kesehatan kakinya secara menyeluruh kecuali sudah terlalu parah.

Terdapat sejumlah masalah kesehatan yang biasa ditunjukkan oleh kaki kamu dan umum dialami seseorang, berikut lima cara mudah yang bisa dilakukan untuk memeriksa kesehatan kakimu.

1. Bintik Merah di Kaki

Kondisi melepuh atau bintik-bintik merah mungkin muncul pada kaki kamu. Hal ini bisa jadi disebabkan karena ukuran sepatu yang terlalu sesak. Hal ini bisa diatasi dengan cara mengganti ukuran sepatu dengan yang lebih besar dan lebar.

Kondisi Kuku dan Munculnya Kapalan

2. Kuku Tumbuh secara Salah

Cara memotong kuku yang salah mungkin saja berkembang menjadi kuku yang tumbuh di dalah daging. Hal ini bisa berkembang menjadi cantengan sehingga sebaiknya kamu memotong kuku dengan potongan lurus.

3. Tumit Kapalan

Kapalan merupakan masalah yang banyak dialami pada tumit seseorang. Hal ini disebabkan oleh penumpukan sel kulit mati yang dibiarkan dalam waktu yang lama. Salah satu cara yang biasa dilakukan untuk mengatasi ini adalah dengan menggosok kaki menggunakan batu apung.

Perubahan Warna Jari dan Sirkulasi Darah

4. Jari Berubah Warna

Perubahan warna pada jari baik merah, biru, maupun ungu dapat menjadi tanda ada yang tak beres pada kakimu. Hal ini bisa menjadi tanda munculnya infeksi, cedera, atau masalah lain yang terkait dengan aliran darah.

5. Masalah Sirkulasi Darah

Masalah sirkulasi darah ini dapat dikenali dengan menekan jempol kaki dan menunggunya kembali pada warna semula. Jika membutuhkan waktu lebih dari lima detik, ini pertanda ada gangguan dalam sirkulasi darah kamu.

Sejumlah permasalahan yang dialami kaki tersebut biasanya terjadi tanpa disadari oleh seseorang. Untuk mencegah masalah lebih lanjut, pastikan untuk mengenali sejumlah kondisi itu yang bisa terlihat dengan mudah.