Nadiem Makarim: Musik Tradisi akan Masuk Kurikulum PAUD hingga SMA

Pendidikan257 views

Inionline.id – Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim menyebut telah menerima hasil rekomendasi kongres musik tradisi Nusantara. Kongres yang berlangsung pada September 2021 itu merekomendasikan untuk menyediakan pembelajaran musik tradisi dalam pendidikan.

Nadiem mengatakan, pemerintah berkomitmen untuk menyediakan pembelajaran musik tradisi Nusantara dalam pendidikan formal maupun informal. Baik itu di jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) maupun Sekolah Luar Biasa.

“Dengan memasukkan musik tradisi ke dalam kurikulum Indonesia, anak-anak Indonesia akan ingat bahwa mereka adalah pewaris seni tradisi yang mengandung nilai-nilai kearifan lokal,” sebut Nadiem dalam webinar Hari Angklung se-Dunia, Senin, 8 November 2021.

Namun, kata Nadiem, hal tersebut tak bisa berjalan jika hanya diupayakan Kemendikbudristek. Dia menekankan butuh kerja sama seluruh pihak untuk memajukan kebudayaan Indonesia.

Peringatan Hari Angklung se-Dunia pada 16 November 2021, bakal jadi momentum melestarikan bersama kebudayaan musik tradisi. Termasuk, angklung yang telah menjadi warisan budaya.

“Saya selalu yakin bahwa kemajuan kebudayaan kita akan membawa Indonesia menjadi bangsa yang tangguh karena kekayaan kita yang terbesar adalah keberagaman budaya kita. Mari kita terus bergerak serentak sebagai Indonesia bahagia dengan Merdeka Belajar, Merdeka Berbudaya,” tuturnya.