HKN Ke-57 Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor Terus Gencarkan Vaksinasi Covid-19

Kesehatan957 views

Bogor, Inionline.id – Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor menggelar upacara peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-57 di Kantor Dinas Kesehatan, Jalan Tegar Beriman, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor, Jum’at (12/11/2021).

Dalam sambutan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin yang disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor drg. Mieke Kaltarina Mars, bahwa Masih banyak kendala dan tantangan yang perlu dihadapi bersama berkolaborasi secara profesional yang dilandasi moral tetap harus kita kedepankan terutama dalam mengahadapi pandemi covid-19 seperti yang dialami saat ini.

Sebagaimana diketahui pandemi covid-19 merupakan krisis kesehatan global dengan lebih dari 200 juta kasus dan 4,7 juta kematian yang dilaporkan terjadi hingga awal oktober 2021.

Sambutan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor drg Mieke Kaltarina MARS saat upacara HKN 57, Jum’at (12/11/2021).

Budi Gunadi dalam sambutannya pun menyebutkan pelaksanaan peringkat HKN yang ke-57 merupakan momentum untuk kita bersyukur karena Indonesia menjadi salah satu negara yang berhasil menurunkan lonjakan kasus covid-19 yang disebabkan adanya mutasi virus.

Capaian penurunan covid-19 di Indonesia saat ini sebaik-baiknya tetap membuat semua pihak waspada apalagi penyebaran virus corona dimana memunculkan kematian yang tidak bisa diprediksi oleh karenanya dibutuhkan kepatuhan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan di setiap kegiatan.

Kemudian menurut Budi Gunadi, peningkatan kapasitas testing, tarcking, dan treatment serta pelaksanaan vaksin covid-19 dengan mengangkat tema “Sehat Negeriku Tumbuh Indonesiaku” diharapkan menjadi penyemangat bagi pelaku pembangunan termasuk masyarakat umum dan khususnya para pegiat kesehatan untuk terus bangkit dari kondisi pandemi covid-19 agar Indonesia bangkit Indonesia tumbuh.

Budi Gunadi berharap, Semoga peringatan HKN ke-57 ini menjadi awal pulihnya diberbagai sektor di masyarakat sehingga Indonesia bisa kembali sehat dan tumbuh dirinya berharap rangkaian peringkat dalam HKN dapat menguatkan kepatuhan seluruh elemen dalam menerapkan protokol kesehatan disetiap kegiatan dan meningkatkan target vaksin covid-19, membangkitkan semangat dan optimisme seluruh komponen masyarakat untuk ikut bergotong-royong dalam menyelesaikan pandemi covid-19 dan memberikan apresiasi kepada pihak yang telah memajukan pembangunan dibidang kesehatan.

Pada kesempatan Budi Gunadi pun menyampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada seluruh jajaran kesehatan lintas sektor dipusat dan daerah serta seluruh lapisan masyarakat yang telah bahu-membahu berjuang tanpa mengenal lelah disemua lini dalam melaksanakan pembangunan kesehatan sebagai sebuah perjuangan untuk selamatkan bangsa dari pandemi covid-19, dan mewujudkan Indonesia semakin sehat dan tumbuh menjadi bangsa besar dan kuat, semoga tuhan yang maha esa senantiasa memberkati dan melindungi kita dalam mewujudkan bangsa Indonesia yang sehat dan sejahtera.

“Selamat Hari Kesehatan Nasional salam sehat, sehat Indonesia,” pungkas Budi Gunadi.

Moment Seremonial Pemotongan Kue HKN 57 Dinkes Kabupaten Bogor oleh Kepala Dinas Kesehatan drg Mieke Kaltarina.

Drg Mieke Kaltarina pun menambahkan bahwa Memang untuk kegiatan hari ini atau kegiatan KPN di masa pandemi ini Dinkes Kabupaten Bogor sangat membatasi didalam kehadirannya tapi saya meyakini bahwa seluruh fasilitas kesehatan baik puskesmas maupun rumah sakit semua memperingati HKN.

“Dalam kesempatan ini pula Pemerintah mengapresiasi penghargaan setinggi-tingginya kepada seluruh tenaga kesehatan yang sudah bahu-membahu didalam melaksanakan vaksin juga bagaimana memberikan pelayan terbaik ketika pendemi sedang meningkat kepada warga seprofesi yang saat ini juga ikut terlibat dan sangat mendukung percepatan vaksin,” tandas drg Mieke Kaltarina.

Hal ini tentunya Dinkes Kabupaten Bogor mengapresiasi setinggi-tingginya para direktur rumah sakit dan rumah sakit swasta yang juga hadir di Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor.

“Terima kasih atas kerja kerasnya ketika pademi sedang meningkat semoga tidak ada lagi gelombang 3 dan tentunya semua dapat kita hindari ketika penerapan kesehatan di masyarakat tetap kita laksanakan, sekali lagi selamat hari HKN dan salam sehat,” tutur drg Mieke Kaltarina.

Bentuk percepatan penanganan Covid-19 Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor membuka Mini Sentra Vaksinasi.

Rangkaian acara yang akan digelar Dinkes Kabupaten Bogor pun condong kepada menggencarkan vaksinasi Covid-19.

“Sudah pasti kami adakan vaksinasi di 40 kecamatan, kami juga lakukan screening PTM di 40 kecamatan, pemeriksaan hepatitis bagi ibu hamil di 101 Puskesmas, ada juga vaksinasi malam, kami juga membuka gerai vaksin selain di Dinas Kesehatan ini juga ada di BJB, di BPJS, di DPMPTSP Kabupaten Bogor, kita menjaring memang di dinas-dinas yang ada kerumunan massa jadi kami buatkan sentra vaksin mini dan mulai hari ini juga gerai tersebut ada di Cibinong City Mall (CCM) dan juga kami membagikan masker usai masyarakat divaksin,” kata drg Mieke Kaltarina.

Ketua Panitia HKN 57 Dinkes Kabupaten Bogor dr Agus Fauzi menjelaskan bahwa per-tanggal 11 November 2021 berdasarkan data Fasyankes total vaksin yang telah diberikan kepada warga Kabupaten Bogor berjumlah 3.784.152 vaksin dengan persentase mencapai 44,7 persen, sedangkan berdasarkan data KTP raihan pemberian vaksin telah mencapai 4.398.473 dosis dengan persentase mencapai 52,4 persen.

“Namun untuk lansia per 11 November 2021 ini kami baru mencapai 36,52 persen berdasarkan KTP, kalau berdasarkan Fasyankesn kita baru mencapai 35,80 persen untuk vaksinasinasinya. Memang lansia ini salah satu indikator yang disampaikan oleh pusat harus mencapai diatas 40 persen, kita terus berupaya untuk mencapai itu, kemarin kami pun menindaklanjuti berkoordinasi dengan Dinas Sosial karena sasaran lansia salah satu datanya berada di Dinsos,” pungkas dr Agus.