Hati-Hati Ada Situs PeduliLindungi Palsu

Inionline.id – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) memutus akses situs palsu PeduliLindungi. Kominfo menegaskan bahwa PeduliLindungi tidak terkait dengan situs pedulilindungiq.com.

“Seluruh isi dan informasi dalam situs pedulilindungiq.com tidak terkait dengan situs Pedulilindungi.id dan tidak berhubungan dengan upaya Pemerintah melakukan penanganan COVID-19 dalam bentuk apa pun,” kata juru bicara Kementerian Kominfo Dedy Permadi kepada wartawan, Rabu (6/10/2021).

Akses situs palsu itu telah diputus. Situs palsu ini menggunakan logo, gambar dan tema yang menyerupai situs pedulilindungi.id.

“Kementerian Kominfo telah melakukan pemutusan akses terhadap situs pedulindungiq.com yang menggunakan atribut logo, gambar, dan tema menyerupai situs pedulilindungi.id,” ungkapnya.

Dia menjelaskan bahwa situs pedulilindungiq.com mewajibkan pembayaran sebesar Rp 1 juta untuk pendaftaran vaksinasi COVID-19. Hal ini berbeda dengan aplikasi PeduliLindungi dan situs pedulilindungi.id yang resmi tidak melakukan pemungutan biaya untuk keperluan apa pun kepada para pengguna, termasuk untuk keperluan pendaftaran vaksin.

Dia mengimbau masyarakat agar hanya mengakses situs resmi pedulilindungi.id dan aplikasinya. Situs-situs palsu ini perlu menjadi kewaspadaan.

“Kementerian Kominfo mengimbau agar masyarakat hanya mengakses situs resmi pedulilindungi.id serta mengunduh aplikasi resmi PeduliLindungi yang tersedia di App Store dan Google Play Store. Kami juga mengimbau masyarakat agar selalu waspada terhadap segala disinformasi terkait situs dan aplikasi palsu yang mengatasnamakan Aplikasi PeduliLindungi,” tuturnya.

Sudah mencoba mengakses situs pedulilindungiq.com dengan provider internet kartu 3. Per pukul 14.22 WIB, Rabu (6/10/2021) situs ini masih bisa diakses.