Xiaomi Pad 5 Dirilis di Indonesia, Bagaimana Pad 5 Pro?

Iptek157 views

Inionline.id  Xiaomi Pad 5 yang baru dirilis di Indonesia sebenarnya punya saudara, yaitu Pad 5 Pro. Bakal dirilis di Indonesia nggak?

Pihak Xiaomi memastikan, setidaknya untuk saat ini, kalau varian Pro dari Pad 5 tak akan dirilis di Indonesia. Ada beberapa hal yang mendasari keputusan ini.

Menurut Alvin Tse, Country Director Xiaomi Indonesia, salah satu hal yang mendasari keputusan ini adalah masalah kelangkaan chip secara global yang saat ini masih terjadi.

“Seperti anda tahu, pada Q3 dan Q4 banyak perusahaan yang mengalami masalah kelangkaan chip. Jika kami terlalu banyak membawa varian produk (Pad 5 Pro), maka volume produk yang dibawa mungkin tak akan mencukupi permintaan,” pungkas Alvin dalam jumpa pers virtual, Jumat (17/9/2021).

Lalu alasan lainnya adalah harga, di mana varian Pro tentu punya harga yang lebih tinggi. Jadi akan lebih sedikit orang yang bisa menjajal tablet anyar Xiaomi ini.

“Jadi kami memutuskan untuk menghadirkan Xiaomi Pad 5 saja di Indonesia. Semoga ini keputusan yang tepat,” tambahnya.

Mengapa Xiaomi kembali membuat produk tablet?

Sebelum Pad 5, Xiaomi sempat vakum menghadirkan tablet di Indonesia. Tablet terakhir yang sebelumnya adalah Mi Pad 4, yang dirilis pada 2015. Mengapa mereka baru merilis tablet lagi?

Menurut Alvin, Xiaomi sebenarnya pernah memutuskan untuk berfokus di ponsel. Namun seiring berjalannya waktu, mereka melihat tidak adanya opsi tablet Android menarik di pasaran.

“Jadi kami kembali menggarap seri Pad,” ujar Alvin.

Pad 5 adalah tablet dengan layar 11 inch WQHD+ dengan panel IPS dan punya refresh rate 120Hz. Lalu ada juga quad stereo speakers yang mendukung Dolby Atmos, dan layarnya pun mendukung Dolby Vision dan HDR10.

Sebagai otaknya, Xiaomi memilih Snapdragon 860, sama seperti yang dipakai di Poco X3 Pro, dipasangkan dengan RAM LPDDR4X 6GB dan storage UFS 3.1 256GB. Baterainya berkapasitas 8.720mAh dengan dukungan charger 22,5W.