Masyarakat Sekitar Wilayah Kerja Diberi Pelatihan Pengelasan Melalui Program Comdev GeoDipa

Antar Daerah157 views

Inionline.id – PT Geo Dipa Energi (Persero) “GeoDipa” Dieng, melalui program community development menggelar kegiatan pelatihan pengelasan dan sertifikasi bagi masyarakat di sekitar wilayah proyek PLTP Dieng 2.

Program pelatihan ini terbagi dalam 2 (dua) kloter, kloter pertama dimulai pada Mei 2021 lalu, sedangkan kloter berikutnya dimulai pada September 2021, program pelatihan diikuti oleh 40 peserta yang berasal dari Desa Karangtengah, Desa Dieng Kepakisan, Desa Dieng Kulon dan Desa Bakal di Politeknik Negeri Semarang (Polines), Jawa Tengah.

Selama satu minggu peserta mendapatkan beragam materi mulai dari pengenalan mesin las SMAW, praktik lapangan, dan ditutup dengan uji kompetensi. Dari seluruh peserta di masing-masing desa akan dilakukan proses seleksi tiga peserta terbaik untuk kemudian dapat mengikuti pelatihan pengelasan tahap selanjutnya.

Dalam pelatihan tersebut para peserta juga diberikan alat las dengan harapan mereka dapat mempraktekkan materi yang telah di dapatkan selama pelatihan secara mandiri
Project Manager Dieng 2, Henky Irawan menyampaikan, bahwa GeoDipa akan terus berkomitmen memberdayakan dan mengelola potensi lokal yang ada di sekitar perusahaan.

“Salah satu bentuk dari implementasi pemberdayaan dan pengelolaan potensi lokal ini adalah kegiatan pelatihan pengelasan yang telah kita laksanakan bekerja sama dengan Politeknik Negeri Semarang (Polines),” ujar Henky Jum’at (24/9/2021) kemarin.

Lebih lanjut Henky berharap agar para peserta yang telah mendapatkan kesempatan pelatihan dan sertifikasi ini tidak berhenti sampai di sini saja.

“Kami berharap peserta terus berlatih meningkatkan jam terbang pengelasan mereka, sehingga pada akhirnya nanti bisa memberikan kontribusi dalam dunia industri,” lanjutnya.
Terpisah Wakil Direktur Bidang Perencanaan & Kerjasama, Drs. Budi Prasetya, M.Si mengatakan, bahwa sinergi antara industri, desa, dan perguruan tinggi diperlukan agar program pemberdayaan masyarakat bisa berjalan dengan baik.

“Saat ini potensi untuk menjadi welder sangat terbuka lebar di project energi dan kontruksi, saya berharap peserta bisa menjalankan pelatihan ini dengan baik untuk menggali dan meningkatkan potensi,” katanya.

Ditemui secara terpisah, Kepala Desa Dieng Kulon, Slamet Budiyono menyambut baik program pelatihan pengelasan yang diinisasi oleh GeoDipa.

“Semoga pelatihan ini bisa bermanfaat bagi warga masyarakat yang sejalan dengan harapan kami ke depan dalam hal pemberdayaan masyarakat,” kata Slamet. (Riesta)

Sumber: beritafakta.id