Jemaah Haji Diimbau Vaksinasi Lengkap, Jangan Menunggu Kabar Berangkat

Berita057 views

Inionline.id – Pusat Kesehatan Haji Kementerian Kesehatan menggelar sosialisasi haji sehat dan vaksinasi COVID-19 sejak 4 September 2021 di Pondok Pesantren Nurul Islam Kabupaten Jember.

Dalam kesempatan itu, Kepala Pusat Kesehatan Haji, dr. Budi Sylvana mengingatkan Jemaah Haji agar selalu mempersiapkan kesehatannya sejak dini dengan melakukan vaksinasi secara lengkap.

“Kami ingin jemaah haji yang belum divaksinasi COVID-19, segera melakukan vaksinasi secara lengkap tanpa menunggu kalau berangkat haji, sehingga masyarakat Indonesia lepas dari pandemi COVID-19,” ujarnya dikutip dari laman Kemenkes, Senin (6/9/2021).

Menurutnya, hal ini juga demi kepentingan para jemaah, sehingga ketika nanti para jemaah dapat kepastian berangkat berada dalam kondisi sehat. “Dan jemaah haji dapat diberangkatkan ke Arab Saudi untuk menunaikan ibadah haji,” imbuhnya.

Lebih lanjut, dia mengatakan jemaah haji penting agar menyiapkan kesehatannya baik pada saat kondisi normal maupun pandemi. Sebab, risiko penularan bisa saja terjadi meski dalam situasi kasus COVID-19 yang menurun.

“Jangan lalai dalam melakukan protokol kesehatan meski kasus turun,” katanya.

“Pasalnya jemaah haji yang akan berangkat ke Arab Saudi pasti berinteraksi dengan jemaah lain yang berasal dari berbagai negara dan tidak tahu riwayat kesehatannya,” jelasnya.