Deretan Destinasi Wisata di Arab Saudi yang Wajib Dikunjungi

Inionline.id – Untuk pertama kalinya dalam sejarah, Arab Saudi membuka pintunya bagi wisatawan internasional. Hal ini ditandai dengan diterbitkannya visa turis untuk 49 negara.

Padahal kita ketahui bersama bahwa sebelumnya, visa Saudi hanya diberikan kepada para pekerja asing, orang yang berkunjung untuk urusan bisnis, dan jemaah haji atau umrah yang mengunjungi kota suci Mekkah dan Madinah.

Kamis (3/10) kebijakan ini merupakan bagian dari upaya kerajaan untuk reformasi ekonomi, yaitu mengurangi ketergantungan pendapatan negara pada minyak. Selain itu, diizinkannya wisatawan mengunjungi Arab Saudi juga merupakan upaya untuk mengubah citra negara tersebut di tengah kritik soal hak asasi manusia.

Deretan Destinasi Wisata Memukau di Arab Saudi yang Wajib Dikunjungi (1)
Sebagai contoh, Arab Saudi sempat dikecam karena kasus pembunuhan terhadap jurnalis Saudi Jamal Khashoggi dan penumpasan aktivis hak-hak perempuan. Untuk itulah Arab Saudi menyatakan mereka membuka diri untuk turis asing.

Namun di sisi lain, tentu saja selama ini Arab Saudi menyimpan ragam destinasi menakjubkan, perpaduan dari indahnya alam, peradaban kuno, kota nabi yang religius serta sentuhan modern di jantung kota Jeddah.

Kira-kira destinasi wisata mana saja yang bisa dikunjungi saat ke Arab Saudi? Simak daftar berikut ya!

Kawah Vulkanis Al Wahbah
Deretan Destinasi Wisata Memukau di Arab Saudi yang Wajib Dikunjungi (2)

Di tengah padang pasir, sekitar 250 km dari kota Taif, terdapat Al Wahbah, sebuah kawah vulkanis besar dengan ladang garam di tengahnya. Al Wahbah menjadi populer di kalangan para pendaki meskipun untuk mencapai ke sana tantangannya cukup besar.

Dengan kedalaman kawah 820 kaki atau sekitar 250 meter, para pendaki profesional butuh waktu sekitar dua hingga tiga jam untuk turun ke bawah dan kembali naik. Bagi wisatawan yang tak suka trekking dan mendaki, dapat juga menikmati keindahan destinasi ini dengan cara berkemah.

Kota Kuno Mada’in Saleh
Deretan Destinasi Wisata Memukau di Arab Saudi yang Wajib Dikunjungi (3)

Mada’in Saleh adalah kota terbesar kedua bagi kaum Nabatea, yaitu orang-orang yang menetap di seluruh Arab hingga Lembah Yordan sampai kerajaan mereka dikuasai oleh Romawi pada 106 Masehi. Sekarang, kota tersebut hanya tinggal berupa reruntuhan saja.

Reruntuhan tersebut menyisakan 130 makam kuno dan altar kecil era pra-Islam yang semuanya terbuat dari dinding batu. Di tempat ini wisatawan bisa menyaksikan ketrampilan seni kaum Nabatea melalui ukiran-ukiran yang ada di dinding batu. Prasasti tersebut menjadi peninggalan yang luar biasa sebab kaum Nabatea tidak banyak meninggalkan sejarah tertulis.

Berbeda dengan Petra, yang dulunya adalah ibu kota suku Nabatea, yang kini makin ramai dengan turis, Mada’in Saleh benar-benar masih terawat secara menakjubkan. Mungkin karena tempat ini termasuk yang tersembunyi di gurun pasir yang sunyi.

Berkat kandungan sejarahnya yang sarat, Mada’in Saleh ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada 2008, situs pertama di Arab Saudi yang mendapatkan penghargaan ini.

Gerbang Jeddah ke Makkah
Deretan Destinasi Wisata Memukau di Arab Saudi yang Wajib Dikunjungi (4)

Situs Warisan Dunia UNESCO yang lainnya adalah Gerbang ke Mekah, yang terletak di Kota Tua Jeddah. Pada abad ke-7 M, Jeddah merupakan pelabuhan utama dalam perdagangan Samudra Hindia. Gerbang ini juga sekaligus sebagai titik masuk bagi peziarah Muslim yang tiba melalui jalur laut dalam perjalanan mereka ke kota religius Mekah.

Sampai saat ini gerbang tersebut masih dipertahankan tidak hanya sebagai bukti sejarah tetapi juga obyek wisata. Gerbang ini menyajikan arsitektur yang sangat khas.

Sesuai namanya, gerbang yang megah ini menjadi sebuah pintu masuk. Di dalam Kota Tua Jeddah yang kini ramai, wisatawan bisa menemukan banyak galeri seni, museum, pertokoan milik warga setempat hingga kedai kopi.

Benteng Masmak, Riyadh
Deretan Destinasi Wisata Memukau di Arab Saudi yang Wajib Dikunjungi (5)

Benteng Masmak di ibu kota Saudi, Riyadh, pertama kali dibangun sekitar tahun 1865. Namun bangunan itu jadi termasyur setelah 37 tahun kemudian. Pada 1902, anggota kerajaan yang diasingkan, Abdulaziz bin Abdul Rahman bin Faisal Al Saud, kembali ke kampung halaman leluhurnya, Riyadh dan merebut benteng ini.

Bermarkas di Masmak, ia terus menaklukkan berbagai kerajaan di wilayah itu, sebelum akhirnya menyatukan mereka dan menjadi Kerajaan Arab Saudi yang kita kenal saat ini.

Saat ini benteng Masmak merupakan salah satu destinasi yang populer di kalangan wisatawan. Di sini wisatawan bisa menyaksikan audio visual yang berisi sejarah bangunan. Selain itu ada pula display berbagai senjata dan galeri foto tentang Arab Saudi.

Air Mancur Raja Fahd
Deretan Destinasi Wisata Memukau di Arab Saudi yang Wajib Dikunjungi (6)

Air Mancur Raja Fahd di Jeddah disebut sebagai air mancur tertinggi di dunia.

Air mancur yang dipersembahkan oleh almarhum Raja Fahd ini disinyalir dapat menembak air asin hingga setinggi 2603 kaki atau setara 260 meter.

Bagi wisatawan disarankan datang ke air mancur ini pada malam hari, sebab air mancur tersebut akan diterangi oleh lebih dari 500 lampu sorot, membuatnya terlihat lebih hidup dan tentunya sangat spektakuler.

Pantai Umluj
Deretan Destinasi Wisata Memukau di Arab Saudi yang Wajib Dikunjungi (7)

Pantai Umluj sering dijuluki sebagai Maldives-nya Arab Saudi. Pantai ini berada di pesisir Laut Merah. Dari pantai tersebut pengunjung bisa menyaksikan pegunungan dan gunung berapi yang sudah tidak aktif. Uniknya, di sekitar pantai ini juga terdapat kebun mangga.
Seni era Neolitik Jubbah dan Shuwaymis
Deretan Destinasi Wisata Memukau di Arab Saudi yang Wajib Dikunjungi (8)

Berdasarkan data UNESCO, pernah ada danau di dekat formasi batuan ini sehingga membuatnya menjadi tempat berkumpul yang penting bagi manusia dan hewan.

Saat ini, wisatawan bisa menikmati dan belajar dari nenek moyang zaman Neolitik yang meninggalkan jejak mereka dalam bentuk gambar-gambar kuno di batu Jubbah dan Shuwaymis.