Anggota MPR RI: Empat Pilar MPR RI Kunci Kekokohan Bangsa

Politik157 views

Inionline.id – Anggota MPR RI, H. Ecky Awal Mucharam kembali menggelar kegiatan Sosialisasi Empat Pilar MPR RI beberapa waktu yang lalu di Kabupaten Cianjur Provinsi Jawa Barat. Dihadapan kader PKS Kabupaten Cianjur, H. Ecky mendorong agar kader-kader PKS terus menghadirkan aktualisasi dan implementasi penerapan nilai-nilai empat pilar MPR RI dalam dalam kehidupan bermasyarakat dimanapun berada.

“Nilai-nilai empat pilar MPR RI ini mestilah selalu dijadikan sebagai kekuatan moral dalam interaksi sosial dan proses-proses pelayanan yang kita lakukan ditengah-tengah kehidupan masyarakat kita dimanapun kita berada, untuk mengkokohkan dan menguatkan soliditas kita sebagi sebuah negara bangsa,” ungkapnya.

Kader PKS pada dasarnya telah memiliki pemahaman yang baik dan benar mengenai empat pilar MPR, yaitu Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika, sehingga penerapan nilai-nilainya semakin mudah dan mengakar dalam ruang lingkup yang lebih luas saat berinteraksi dengan masyarakat. Ecky menjelaskan lebih lanjut bahwa pilar artinya tiang yang menopang sebuah bangunan. “Sungguh Bangsa kita ini akan utuh dan kuat, bila tiangnya kuat. Sebagaimana sebuah bangunan akan berdiri kokoh dan kuat bila tiangnya kokoh, pun sebaliknya.”

Lebih lanjut, anggota legislatif perwakilan Jawa Barat III (Jabar III) di Senayan itu menilai bahwa Pancasila sebagai salah satu pilar bangsa adalah produk jenius umat islam khususnya tokoh-tokoh Islam di awal era kemerdekaan. Oleh karena itu sudah semestinya kader-kader PKS menjadi garda terdepan dalam menjaga dan mengamalkan nilai – nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakatnya. Dahulu sebelumnya, nama Empat Pilar MPR RI dinamai dengan Empat Pilar Kebangsaan, tapi sekarang diganti dengan Empat Pilar MPR, yaitu Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara, UUD NRI Tahun 1945 sebagai konstitusi negara, NKRI sebagai bentuk negara, dan Bhinneka Tunggal Ika sebagai semboyan negara.

Ecky juga mengingatkan, bahwa masa depan bangsa berada di pundak generasi muda saat ini. Oleh karena itu, dirinya meminta agar para kader PKS agar bersemangat menerapkan empat pilar tersebut di dalam kehidupan sehari-hari utamanya kepada generasi Muda, Ecky menutup penjelasannya dengan menyatakan “Kekokohan pemahaman terhadap empat pilar kebangsaan, merupakan kunci kekuatan bangsa.”