Selaput Dara Wanita Angkatan Darat Tak Lagi Disoal

Headline, Nasional057 views

Komnas Perempuan mengapresiasi kebijakan TNI Angkatan Darat yang akan menghapus pemeriksaan selaput dara calon prajurit Korps Wanita Angkatan Darat (KOWAD), yang sudah puluhan tahun menjadi kontroversi.

Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jendral TNI Andika Perkasa hari Selasa (10/8) memastikan bahwa ia telah menyudahi kontroversi puluhan tahun tentang “tes keperawanan” yang dilakukan TNI Angkatan Darat pada calon prajurit Korps Wanita Angkatan Darat (KOWAD).
“Soal hymen atau selaput dara.. Tadinya merupakan satu penilaian. Hymen-nya utuh, ruptured (sobek.red) sebagian, atau ruptured sampai habis. Sekarang tidak ada lagi penilaian itu karena memang tujuannya (pemeriksaan kesehatan.red) lebih ke kesehatan, menghindari adanya masalah yang menimbulkan insiden yang menghilangkan nyawa. Jadi tidak perlu lagi,” tandas Andika.
Lebih jauh Andika mengatakan ia menginginkan agar proses pemeriksaan kesehatan terus diperbaiki agar efektif, fokus dan te
Isyarat penghapusan “tes keperawanan” ini telah disampaikan Andika sebelumnya ketika memberikan arahan pada seluruh panglima komando daerah militer (pangdam) lewat telekonferensi tentang pemeriksaan dan persyaratan kesehatan dalam rekrutmen prajurit KOWAD, dan pengajuan persyaratan pernikahan personel angkatan darat. Video arahan itu diunggah pada 18 Juli lalu dan sontak langsung menjadi pembicaraan hangat.

Ald / net