Minta Hak Perempuan Dihormati, Menlu RI Menemui Perwakilan Taliban di Qatar

Berita057 views

Inionline.id – Menteri Luar Negeri (Menlu) RI, Retno Marsudi, berkunjung ke kantor Taliban di Doha, Qatar. Dalam kunjungannya, dia bertemu dengan perwakilan Taliban.

“Di sela-sela kunjungan saya ke Qatar, saya juga bertemu dengan perwakilan Kantor Politik Taliban di Doha,” tulis Retno dalam akun Twitter-nya @Menlu_RI, Jumat (27/8/2021).

Retno dan perwakilan Taliban membahas sejumlah poin. Salah satunya terkait hak-hak perempuan.

“Saya menyampaikan kepada Taliban pentingnya: pemerintah inklusif di Afghanistan, menghormati hak-hak perempuan, memastikan Afghanistan tidak menjadi tempat berkembang organisasi dan kegiatan teroris,” tulis Retno.

Di kesempatan yang sama, Retno juga bertemu dengan perwakilan khusus Amerika Serikat untuk Afghanistan, Zalmay Khalilzad. Retno membahas proses evakuasi warga di Afghanistan.

“Kami membahas antara lain isu-isu yang berkaitan dengan evakuasi, keamanan dan masa depan Afghanistan,” tulis Retno.

Dia juga bertemu dengan Wakil PM Qatar sekaligus Menteri Luar Negeri Qatar, Sheikh Mohammed bin Abdulrahman Al-Thani. Keduanya membahas banyak isu, termasuk soal Afghanistan.

“Kami membahas banyak isu terkait masa depan Afghanistan. Saya menegaskan kembali pentingnya pemerintahan yang inklusif; menghormati hak-hak perempuan; dan memastikan Afghanistan tidak menjadi tempat berkembang biak bagi organisasi dan kegiatan teroris,” jelas Retno.