Ribuan Orang Dievakuasi Usai Gelombang Panas Menghanguskan Kota di Kanada

Politik057 views

Inionline.id – Sekitar 1.000 orang dievakuasi di Kanada barat. Evakuasi dilakukan saat kebakaran berkobar di tengah gelombang panas ekstrem yang terjadi sehingga menghanguskan sebagian besar isi kota.

Jumat (2/7/2021), Provinsi British Columbia telah mencatat 62 kebakaran baru dalam 24 jam terakhir, kata Perdana Menteri British Columbiar, John Horgan, dalam konferensi pers.

“Saya tidak bisa cukup menekankan betapa ekstremnya resiko kebakaran saat ini di hampir setiap bagian British Columbia,” kata Horgan.

Kota Lytton, 250 Km timur laut Vancouver telah mengalami kerusakan struktural dan 90 persen desa terbakar, termasuk pusat kota. Hal itu disampaikan oleh anggota parlemen lokal, Brad Vis.

250 penduduk desa dievakuasi pada Rabu malam atau satu hari setelah suhu tertinggi Kanada mencapai 49,6 derajat Celcius atau 121 derajat Fahrenheit. Perintah evakuasi diperpanjang Rabu malam untuk penduduk sekitar 100 properti di utara Lytton.

“24 jam terakhir telah menghancurkan penduduk Lytton,” tulis Menteri Pertahanan Harjit Sajjan di Twitter.

Dia juga mengatakan angkatan bersenjata Kanada siap untuk mendukung penduduk dalam langkah selanjutnya. Pihak berwenang provinsi belum mengumumkan cedera atau kematian terkait dengan kebakaran.

Beberapa warga di antaranya juga berkerumun di utara kota Kamloops, yang terletak sekitar 150 Km timur laut Lytton.

Kamis dini hari waktu setempat, otoritas pemadam kebakaran British Columbia mengatakan kondisi panas dan kering yang belum pernah terjadi sebelumnya membuat mereka menghadapi hari yang sulit lagi di masa depan.

Environment Canada mengatakan dalam buletin yang dikeluarkan Kamis pagi untuk wilayah Prince George, BC bahwa punggungan tekanan tinggi yang sangat kuat di atas British Columbia akan terus membawa suhu yang memecahkan rekor selama beberapa hari ke depan.

“Durasi gelombang panas ini mengkhawatirkan karena ada sedikit kelegaan di malam hari dengan suhu malam yang meningkat,” ujar mereka.

Gelombang panas terus bergerak ke timur pada hari Kamis waktu setempat ke padang rumput Kanada tengah. Selain British Columbia, peringatan gelombang panas telah dikeluarkan untuk provinsi Alberta, Saskatchewan, Manitoba, dan sebagian Wilayah Barat Laut, dan sekarang Ontario utara.

Selain Kanada Barat, negara bagian AS di Washington dan Oregon, di seberang perbatasan, juga telah terik di bawah rekor suhu minggu ini dan beberapa ratus kematian mendadak telah dilaporkan.