Pembelajaran Daring di Universitas Terbuka Menjadi Rujukan Selama Pandemi

Pendidikan157 views

Inionline.id – Pembelajaran  jarak jauh (PJJ) yang dikembangkan Universitas Terbuka (UT) telah menjadi rujukan di perguruan tinggi lainnya selama satu tahun terakhir. Banyak perguruan tinggi lain yang telah menjalin kerja sama dengan UT dalam penerapan PJJ di kampus.

“Kerja sama yang dilakukan di antaranya dalam rangka penerapan PJJ, di antaranya penerapan learning management system, bahan ajar digital, serta bantuan teknis pelatihan dan pendampingan,” kata Rektor Universitas Terbuka, Ojat Darojat, di Jakarta, Kamis, 15 Juli 2021.

Ia mengatakan bahwa ke depan layanan pendidikan akan lebih fleksibel dan dapat diakses dari mana saja serta kapan saja.  “Saat pandemi covid-19 melanda, masyarakat dituntut untuk beradaptasi dalam bekerja. Begitu juga perguruan tinggi juga dituntut untuk beradaptasi dan berinovasi dalam memberikan layanan pendidikan,” ujar Ojat.

Selain itu, UT juga melakukan inovasi dalam memberikan layanan yang fleksibel pada mahasiswa, terutama dalam hal pemanfaatan teknologi. Salah satu bentuknya adalah layanan take home test yang telah berhasil diikuti oleh seluruh mahasiswa UT sejak semester lalu.

Universitas Terbuka juga terus berupaya dalam meningkatkan Angka Partisipasi Kasar (APK) pendidikan tinggi, dengan membuka akses pendidikan tinggi yang seluas-luasnya pada masyarakat.

“Kami berharap mahasiswa dan lulusan UT dapat menjadi agen perubahan di masyarakat dan berkontribusi secara nyata pada bangsa dan negara. Sumber daya manusia unggul merupakan kunci untuk memenangkan persaingan global,” kata Ojat dalam acara “Temu Public Figure untuk Berbagi Inspirasi” itu.

Kegiatan tersebut diselenggarakan bertujuan untuk berbagi pengalaman serta diharapkan dapat memperkenalkan UT pada masyarakat secara lebih luas. Sehingga semakin banyak masyarakat yang bisa mengakses pendidikan tinggi.

Seorang mahasiswa UT, Kamasean Yoce Matthews, mengatakan keuntungan menjadi mahasiswa UT adalah proses belajar yang dipermudah dan bisa disesuaikan dengan jadwal kerja dan kemampuannya.

“Justru saat pandemi ini, yang membuat saya tidak stres adalah kegiatan kuliah ini,” kata Kamasean yang merupakan juara dua Indonesian Idol 2012 itu.