Euro 2020: Perbedaan Mencolok Italia dengan Spanyol

Inionline.id – Italia bentrok dengan Spanyol di fase semifinal Piala Eropa 2020. Meski sama-sama diunggulkan, kedua tim tetap memiliki perbedaan yang mencolok. Apa itu?

Duel dua raksasa Eropa antara Italia vs Spanyol tersaji di Euro 2020. Pertandingan dijadwalkan berlangsung pada Rabu (7/7/2021) dinihari WIB di Stadion Wembley.

Baik Italia maupun Spanyol sama-sama menjadi tim favorit dalam Piala Eropa 2020. Kedua kesebelasan tampil produktif sejak fase grup sampai saat ini.

Italia melaju mulus dan total sudah membukukan 11 gol dari fase grup hingga babak perempatfinal. Ciro Immobile dkk juga meraih kemenangan 100 persen sebelum menapak ke empat besar.

Sementara itu, Spanyol sempat tersendat di dua laga awal babak grup dengan dua hasil imbang kontra Swedia dan Polandia. La Furia Roja meledak setelah meraih kemenangan telak 5-0 atas Slovakia, disusul kemenangan 5-3 atas Kroasia pada 16 besar, serta menyingkirkan Swiss via adu penalti pada perempatfinal.

Persamaan kualitas di antara Italia dan Spanyol mendapat tanggapan dari mantan pelatih AC Milan dan Real Madrid, Fabio Capello. Pria 76 tahun tersebut mengamini bahwa kedua tim sama-sama tangguh dan berbahaya di Piala Eropa 2020.

Kendati demikian, Capello menilai kedua kesebelasan memiliki perbedaan dalam gaya permainan. Spanyol dinilainya bermain lamban tapi berkualitas, sementara Italia besutan Roberto Mancini memainkan tempo yang lebih cepat.

“Ini akan sulit bagi kedua tim karena Spanyol memiliki sistem yang tidak terlalu cepat. Mereka berlandaskan pada banyaknya sentuhan lambat tanpa ritme yang bagus, tapi mempunyai banyak kualitas,” kata Capello, dilansir dari Mundo Deportivo.

“Mereka memiliki pemain-pemain yang bisa mengancam siapa pun. Itu bisa berbahaya sekali buat Italia,” sambungnya.

“Roberto Mancini memainkan sepakbola yang cepat, berkualitas, dan menyenangkan…,” demikian kata Fabio Capello menatap duel Italia vs Spanyol di Piala Eropa 2020.