by

5 Cara Menjaga Daya Tahan Tubuh ketika Usia Sudah di Atas 50 Tahun

Inionline.id – Menjaga sistem imun atau kekebalan tubuh merupakan hal yang penting dilakukan. Hal ini semakin vital pada saat ini terutama di tengah gempuran COVID-19.

Menjaga daya tahan tubuh ini sangat penting agar puasa bisa berjalan lancar. Selain itu, hal ini juga penting dalam menjaga tubuh tetap sehat dan bugar.

Menjaga daya tahan tubuh ini semakin penting terutama ketika berusia di atas 50 tahun. Pada usia ini, secara alami daya tahan seseorang bakal menurun karena berbagai hal.

Menjaga tubuh tetap sehat dan bugar perlu dilakukan dengan cara ekstra ketika sudah berusia di atas 50 tahun. Dilansir dari Livestrong, berikut lima cara yang bisa kamu ikuti untuk jaga daya tahan tubuh.

Konsumsi Banyak Vitamin dan Mineral dari Makanan Alami

Konsumsi makanan sehat yang kaya antioksidan, serat, serta nutrisi penting lain merupakan cara terbaik untuk memperkuat kekebalan tubuh. Ketika seseorang sudah berusia cukup tua, sangat penting untuk mengonsumsi buah dan sayur dari makanan alami serta menghindari makanan olahan.

Nutrisi yang penting untuk dikonsumsi juga pada orang tua adalah zinc serta vitamin D. Anda bisa mengonsumsi makanan yang kaya dengan kedua nutrisi tersebut atau memperolehnya dari suplemen.

Olahraga Secara Rutin

Selain makanan, konsumsi makanan yang tepat juga merupakan hal yang penting dilakukan. Sebuah temuan dari tahun 2013 mengungkap bahwa olahraga bisa meningkatkan jumlah dan fungsi sel sistem imun pada orangtua dan menurunkan peradangan.

Olahraga yang disarankan untuk dilakukan pada orang tua adalah bersepeda dan tai chi. Keduanya tidak terlalu berdampak keras pada tubuh dan tidak membebani persendian. Selain itu pastikan untuk memilih olahraga yang bakal dilakukan secara teratur.

Pertahankan atau Miliki Berat Badan Sehat

Konsumsi makanan sehat dan olahraga secara rutin bisa berujung pada berat badan yang tepat dan hal ini perlu diteruskan. Seseorang yang kelebihan berat badan atau obesitas cenderung memiliki tingkat peradangan lebih tinggi di tubuh.

Menurunnya peradangan akibat berat badan sehat ini tentu bakal berdampak sangat baik bagi kesehatan. Hal ini bisa membuat tubuh terhindar dari masalah kesehatan yang mungkin muncul dan menguatkan daya tahan tubuh.

Berhenti Merokok

Berhenti merokok bakal menjadi cara utama menurunkan risiko kanker dan penyakit pernapasan. Cara ini juga sekaligus bisa bermanfaat dan berdampak positif pada sistem kekebalan tubuh.

Berhenti merokok merupakan cara terbaik untuk mencegah munculnya berbagai masalah kesehatan. Hal ini sekaligus bisa membuat kekebalan tubuhmu membaik karena terhindar dari masalah kesehatan.

Mengendalikan Stres dan Kesehatan Emosional

Menjaga kesehatan tubuh tak hanya sebatas fisik saja namun juga pada mental. Menghindarkan diri dari stres serta masalah emosional bisa membuat tubuh terhindar dari menurunnya daya tahan tubuh.

Masalah kesehatan yang rentan terjadi pada orang tua adalah kesedihan dan kesepian yang mereka alami. Mencegah terjadinya hal ini serta menjaga diri tetap gembira bisa menjadi cara membuat tubuh tetap sehat dan terhindar dari masalah kesehatan.

Bertambahnya usia berdampak menurunnya daya tahan tubuh, oleh karen itu penting untuk melakukan sejumlah penyesuaian pada gaya hidup. Sejumlah hal tersebut penting dilakukan untuk membuat tubuh tetap sehat dan bugar.