Warga Spanyol Bahagia Usai Aturan Wajib Masker Dicabut

Internasional057 views

Inionline.id – Pemerintah Spanyol mencabut aturan wajib bermasker. Sejumlah warga tak bermasker sudah mulai bertebaran di jalanan Spanyol.

“Saya sangat suka berjalan-jalan dan saya banyak berkeringat, jadi bagi saya, melepas topeng itu menyenangkan,” kata warga Spanyol, Antonia Maldonado (76), Minggu (27/6/2021).

Dia dan suaminya, termasuk sedikit orang yang berjalan di alun-alun Madrid tanpa menggunakan masker. Namun, beberapa lainnya tampak masih memakai masker.

“Saya pikir ini akan menjadi proses yang sangat lambat bagi orang untuk merasa nyaman tidak menggunakan masker di depan umum, di dalam ruangan atau di mana pun,” kata warga lainnya, Gustavo Rodriguez (34).

“Saya divaksinasi, itu sebabnya saya merasa sedikit lebih aman. Bagi saya, itu tidak mewakili bahaya atau risiko apa pun,” lanjutnya.

Diketahui, Spanyol menerapkan wajib masker bagi warganya ketika keluar rumah sejak Mei 2020. Hal ini dikarenakan Spanyol menjadi salah satu negara di Eropa yang terdampak parah karena Corona.

Saat ini, warga Spanyol diperbolehkan tidak mengenakan masker di luar rumah selama menjaga jarak 1,5 meter. Jika terjadi kerumunan, warga diimbau untuk mengenakan masker.

Namun, pemerintah Spanyol tetap mewajibkan masker di angkutan umum, taksi, ataupun mobil yang berisi orang-orang yang tidak serumah.