8 Hal yang Bisa Membuat Ingin Mengonsumsi Air Secara Terus-Menerus

Kesehatan057 views

Inionline.id – Pada saat udara panas dan kering, kita bakal menjadi haus secara terus-menerus. Kondisi haus yang kita alami ini bisa berujung terlalu banyak minuman yang kita konsumsi.

Walau kekurangan minum bisa menjadi tanda adanya masalah kesehatan yang kamu alami, namun terlalu banyak minum juga bisa menimbulkan kesulitan tersendiri. Setidaknya kamu bakal buang air kecil terus menerus dan aktivitasmu cukup terganggu.

Rasa haus yang terjadi secara terus-menerus yang kamu alami bisa dipicu oleh berbagai kondisi. Hal ini terutama sangat berkaitan dengan apa saja yang baru kamu alami atau makanan yang baru kamu konsumsi.

Tindakan minum air secara terus-menerus yang kamu lakukan ini bisa disebabkan mulai makanan yang terlalu banyak garam serta kondisi kesehatan yang mungkin kamu miliki. Dilansir dari Reader Digest, berikut sejumlah penyebab kamu minum air secara terus-menerus.

Mengonsumsi Terlalu Banyak Garam

Konsumsi makanan asin yang kamu lakukan bisa membuatmu kerap merasa haus. Garam bisa menarik air keluar dari sel dan memaksa tubuh menyimpan garam sebanyak mungkin sehingga kamu bisa jadi tidak kencing sebanyak biasanya.

Sel yang kekurangan air ini kemudian mengirim pesan ke otak untuk air sehingga kamu menjadi merasa sangat haus. Untuk mengatasi masalah ini, sebaiknya mulai perhatikan kadar garam pada makananmu.

Baru Berolahraga pada Pagi Hari

“Kamu bakal butuh minum lebih banyak di siang hari ketika kamu lebih banyak berkeringat,” terang Peter Mayock, MD dari Erie Family Health Center di Chicago.

Ketika kamu berolahraga, kamu bakal kehilangan cairan melalui keringat, dan jika kamu tak menggantinya dengan cepat, kamu bakal merasa haus. Oleh karena itu, sebaiknya konsumsi lebih banyak air usai kamu berolahraga.

Terlalu Lama Berjemur

Berada di luar ruangan dan terpapar matahari di siang hari bisa jadi penyebab munculnya rasa haus yang kamu alami. Pada suhu luar ruangan yang panas, beraktivitas di siang hari bisa membuatmu merasa lebih haus terutama jika kurang minum.

Diabetes

“ketika dehidrasi, tubuhmu bakal berusaha untuk menjaga cairan,” jelas Dr. Mayock.

“Ketika mengalami diabetes, gula bakal meluap dan memaksamu untuk lebih sering buang air,” sambungnya.

Mayock mengatakan bahwa sebagian pasiennya menunjukkan tiga gejala yaitu rasa haus berlebihan, buang air secara sering, dan pandangan yang memburam. Ketika kamu mengalami tiga hal tersebut secara bersamaan, bisa jadi kamu mengalami diabetes.

Bibir Kering

Sejumlah kondisi kesehatan langka bisa menyebabkan terjadinya bibir kering. Ketika kelenjar liur di dalam mulut tidak memproduksi cukup air liur, kamu mungkin butuh untuk mengonsumsi lebih banyak air. Jika kamu sering mengalami masalah ini, sebaiknya segera periksakan dirimu ke dokter.

Anemia

Tubuh tergantung pada sel darah sehat untuk membawa darah melewati tubuh. Anemia dalam kondisi ringan tidak bakal menyebabkan rasa haus berlebihan, namun ketika kondisimu semakin parah, maka kamu mungkin merasa haus, pusing, dan berkeringat.

Obat yang Dikonsumsi

“Terdapat sejumlah pengobatan yang memengaruhi mulut dan bisa membuat bibirmu menjadi kering,” terang Dr. Mayock.

Sebagai contoh, antihistamin, antidepresan tertentu, dan obat dieuretik untuk tekanan darah bisa membuat mulut menjadi kering.

Tidak Memperhatikan Jumlah Minuman

“Penyebab utama dari rasa haus bukan hanya konsumsi cukup air,” terang Dr. Mayock.

Sebagai sebuah aturan yang tepat, Mayock menyarankan konsumsi segelas air dengan makanan dan dua di antara makan. Untuk memastikan kamu minum dalam jumlah tepat, beri pengingat di ponsel atau minum setiap jam-jam tertentu.