Makedonia Utara Mematahkan Rekor Jerman

Inionline.id  Rekor apik Timnas Jerman di Kualifikasi Piala Dunia harus terhenti. Makedonia Utara yang merusak catatan apik Die Mannschaft.

Jerman menghadapi Makedonia Utara di lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa Grup J, Kamis (1/4/2021) dini hari WIB. Sebelum laga, anak asuh Joachim Loew diunggulkan menang.

Bukan tanpa alasan. Selain unggul kualitas materi pemain, Jerman juga memegang rekor yang bikin ngeri lawan.

Jerman memegang rekor gemilang di Kualifikasi Piala Dunia. Sejak 2001, atau ketika terakhir digilas Inggris 1-5, Jerman tak terkalahkan di 35 pertandingan kualifikasi selanjutnya.

Dari total 35 pertandingan Kualifikasi Piala Dunia, Jerman mengemas 30 kemenangan dan lima kali imbang. Sampai akhirnya, Makedonia Utara menghentikan catatan apik itu.

Di Schauinsland-Reisen Arena, Duisburg, Jerman tumbang 1-2 di tangan Makedonia Utara. Bahkan, juara Piala Dunia 2014 itu kebobolan lebih dulu.

Di masa injury time babak perytama, gawang Marc-Andre Ter Stegen dibobol Goran Pandev. Jerman baru membalas di babak kedua, lewat penalti Ilkay Guendogan, usai Leroy Sane dilanggar Egzijan Alioski.

Namun, Makedonia Utara bisa kembali unggul di menit ke-85. Eljif Elmas bisa memaksa Ter Stegen memungut bola untuk kedua kali dari sarangnya. Makedonia Utara menang 2-1.

Ini menjadi kekalahan perdana Jerman di Kualifikasi Piala Dunia sejak 2001, seperti dicatat Gracenotelive. Ditarik lebih jauh, ini kekalahan kedua jerman di Kualifikasi Piala Dunia sejak 1985.

Menurut catatan FIFA, Makedonia Utara menjadi tim kedua yang bisa bikin dua gol di laga away melawan Jerman dalam satu pertandingan sejak 2001. Yang pertama adalah Swedia, ketika menahan Jerman 4-4 pada Oktober 2012.