Bojongkoneng Bogor Penghasil Kopi Bermutu Tinggi, M Ichsan Tampung Aspirasi Para Petaninya

Berita057 views

Bogor, – Sudah menjadi tugas seorang wakil rakyat dalam menyerap aspirasi masyarakat atau konstituennya, hal itulah yang dilakukan Anggota komisi IV DPRD Jawa Barat fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Mochamad Ichsan Maoluddin.

Dirinya menggelar reses II tahun sidang 2020-2021 di Desa Bojongkoneng, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Rabu (10/03/2021).

Dalam giat tersebut, Fajar selaku salah satubperwakilan kelompok tani di Desa Bojongkoneng mengeluhkan beberapa aspirasi terkait pertanian.

Fajar menjelaskan masalah yang dihadapi para petani mulai dari sulitnya permodalan, sulitnya petani yang tidak bergabung dalam kelompok tani untuk memperoleh pupuk khususnya yang bersubsidi, hingga masalah pengembangan usaha pertanian.

M Ichsan yang juga tergabung dalam pansus perda perkebunan Jawa Barat mengatakan bahwa, meski kualitas kopi Bojongkoneng ini bagus namun bagaiman memberikan sarana yang tepat bagi para petani khususnya petani kopi di Bojongkoneng ini agar terus berkembang.

“Salah satu solusinya adalah membentuk gabungan kelompok tani (gapoktan), karena itu bisa ada pendampingan untuk pemberian bantuan dari Provinsi Jawa Barat yang biasanya melalui dinas koperasi atau dinas pertanian,” pungkas Ichsan.