Arab Saudi Menangkap 2 Pria Hendak Kirimkan Kain Kakbah ke Luar Negeri

Internasional357 views

Inionline.id  Otoritas keamanan Arab Saudi menangkap dua pria asal Asia terkait kepemilikan tujuh potong kain Kakbah atau kiswah. Kain penutup Kakbah itu diketahui akan dikirimkan ke luar negeri.

Kamis (25/3/2021), kepolisian setempat menuturkan bahwa tujuh potong kiswah itu akan dikirim ke luar negeri melalui Pos Saudi cabang distrik Al Shasha di Mekah. Dua tersangka yang ditangkap disebut berkewarganegaraan Pakistan.

“Dua warga Pakistan ditangkap, saat mereka berupaya mengirimkan tujuh potong kain Kakbah melalui cabang Pos Saudi di distrik Al Shasha,” demikian pernyataan kepolisian setempat.

Kepada polisi, kedua pria itu mengaku membeli kain-kain Kakbah itu dari seorang penjual asal India di Mekah dengan harga 300 Riyal (Rp 1,1 juta).

Kedua pria itu kini berada dalam tahanan, sebelum kasusnya diserahkan kepada Penuntutan Umum untuk interogasi lebih lanjut dan persidangan.

Kain penutup Kakbah diketahui diganti setahun sekali, atau tepatnya pada hari ke-9 bulan Dul Hijjah setelah para jemaah berangkat ke Gunung Arafat, sebagai persiapan menerima jemaah keesokan paginya, yang bertepatan dengan Idul Adha.

Dengan dilanjutkannya aktivitas ibadah umroh, maka kiswah diangkat ke tengah Kakbah untuk melestarikannya dan mencegah orang-orang menyentuhnya.