7 Cara Mengoptimasi PC Windows Untuk Gaming

Iptek457 views

Inionline.id – Jika Anda menggunakan komputer Windows untuk bermain gim, terutama PC atau sekadar laptop biasa, jangan khawatir! Platform PC, terutama Windows, punya banyak kecocokan dengan gim-gim keren yang bisa dengan mudah Anda mainkan.

Permasalahan utamanya tentu adalah di kemampuan PC atau laptop itu sendiri. Apakah mumpuni untuk bermain gim? Terkadang memang butuh spesifikasi khusus untuk memainkan gim tertentu. Namun untuk sekadar memainkan gim kecil, laptop masa kuliah Anda pun bisa dioptimasi untuk bisa lebih kencang.

Nah, berikut deretan cara optimasi PC Windows untuk gaming. Melansir Business Insider, simak ulasannya sama-sama yuk!

Cara Optimasi PC Windows Untuk Gaming

1. Pastikan Ketangguhan Prosesor dan Kartu Grafis

Salah satu hal paling penting untuk tahu apakah PC atau laptop Anda cocok digunakan untuk bermain gim adalah tahu soal prosesor dan kartu grafis apa yang digunakan. Tentu ini penting, karena prosesor adalah otak penentu kinerja gim, serta kartu grafis akan berpengaruh ke apa yangg ditampilkan di layar.

Untuk pengalaman gim terbaik, gunakan prosesor, baik Intel atau AMD, yang merupakan keluaran baru. Soal kartu grafis, GPU Nvidia dengan kapasitas 8GB sudah mampu mencakup gim yang ada saat ini.

Tak cuma itu, selalu perbarui driver grafis Anda menggunakan Device Manager di Windows agar CPU berjalan dengan baik. Caranya, adalah dengan buka Device Manager, pilih Display Adapters dan pilih Update Driver.

2. Gunakan Kabel Ketimbang Wifi

Saat Anda bermain gim, terdapat konsep yang disebut ‘ping’ yang merupakan latensi. Ini adalah waktu yang dibutuhkan data untuk dikirim dari PC ke server internet, lalu kembali ke PC. Makin rendah latensi, makin baik.

Salah satu cara memastikan latensi jadi serendah mungkin adalah dengan memasang kabel ethernet atauy LAN ke PC. Hal ini dikarenakan Wifi memiliki latensi yang lebih tinggi dan membuat gim online jadi kurang optimal.

3. Mute Notifikasi

Adanya notifikasi masuk seperti email, atau WhatsApp Web jika Anda sedang terkoneksi, tentu tak cuma merupakan gangguan visual juga pendengaran. Namun yang paling utama, hal ini dapat menghambat kinerja PC Anda. Melalui setelan komputer, Anda bisa mematikan notifikasi sebelum Anda main gim.

7 Cara Optimasi PC Windows Untuk Gaming

Cara Optimasi PC Windows Untuk Gaming

4. Matikan Sticky and Toggle

Keyboard dan mouse adalah dua hal yang membuat gim di PC atau laptop punya nilai lebih ketimbang konsol. Namun ketika menikmati permainan gim, tombol-tombol keyboard tentu rawan terpencet tanpa sengaja, dan memerintahkan beberapa task muncul, seperti sticky keys yang muncul ketika tombol shift ditekan lima kali. Nah hal ini bisa dimatikan di pengaturan Windows.

 

5. Nyalakan Power Options

Jika Anda menggunakan laptop, pastikan Anda menggunakan Power Options, untuk mendapatkan pengaturan daya tertinggi. Hal ini akan membuat tampilan layar berada di titik paling cerah, tak akan terganggu kondisi baterai. Namun, jangan lupa juga menghubungkan charger Anda untuk tetap terkoneksi dengan listrik setiap saat agar baterai tidak habis di tengah permainan.

 

6. Tutup Program yang Tak Dibutuhkan

Sebelum main gim, pastikan tidak ada program lain yang berjalan sehingga kinerja PC Anda terbagi fokusnya. Hal ini bisa dipastikan lebih detil dengan cara menekan Ctrl + Alt + Del, lalu pilih Task Manager, lalu klik kanan di program yang tak dibutuhkan untuk dilakukan End Task.

 

7. Modifikasi Setelan Gim

PC Windows biasanya mengkonfigurasi secara langsung pengaturan grafis terbaik. Namun Anda bisa meningkatkan kinerja PC dengan mengorbankan sedikit kemampuan grafis. Dengan ini, Anda bisa mengubah pengaturan grafis secara manual jadi resolusi yang lebih rendah.